Sukabumi (Antara Megapolitan) - Organisasi sosial Balad Ade Dasep Siap Turun (Baldatun Center) mendeklarasikan diri sebagai lembaga yang bisa menjadi 'penyambung lidah' dan aspirasi masyarakat Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

"Saya dirikan Baldatun Center ini terinspirasi dari perjuangan Nabi Muhammad SAW dan para Sahabat RA dalam menyebarkan kebaikan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Arti Baldatun sendiri adalah Kampung, sehingga Baldatun Center artinya Pusat Kampung yang menyampaikan kebaikan dan kesejahteraan," kata Pendiri dan Penanggung Jawab Baldatun Center, Ade Dasep Zainal Abidin di Sukabumi, Rabu.

Organisasi yang didirikan oleh Anggota Komisi IV yang juga Wakil Ketua Badan Kehormatan DPRD Kabupaten Sukabumi ini mempunyai banyak agenda kegiatan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, seperti wakaf 17 Al Quran dan pemberian santuan kepada 41 anak yatim piatu setiap Jumat setelah pelaksanaan Solat Jumat.

Tujuan arti 17 Wakaf Al Quran yang menjadi agenda rutin yakni Indonesia merdeka pada 17 Agustus, dan Al Quran diturunkan pada 17 Ramadhan, sehingga melalui wakaf tersebut diharapkan ada generasi penerus bangsa dari Kabupaten Sukabumi yang bisa menjadi Tahfidz Al Quran.

Selain itu, pemberian santunan kepada anak yatim piatu yang belum akil baligh agar harta dan rizki yang telah diberikan Allah SWT kepada dirinya dan pengurus Baldatun Center bisa bersih dan bermanfaat.

Apalagi Allah SWT menjamin kepada orang yang secara rutin memberikan sebagian rizkinya kepada anak yatim maka akan ditambah rizkinya berlipat ganda.
   
Ade menambahkan, dengan deklarasi Baldatun Center ini, tidak hanya menjadi organisasi sosial, tetapi juga menjadi penyeimbang di pemerintahan, walaupun dalam struktur organisasi ini tertera Wakil Bupati Sukabumi terpilih, yakni Adjo Sardjono yang menjadi pembina organisasi tersebut.

"Saya dan Baldatun Center akan menjadi yang terdepan dalam memberikan kritik dan masukan kepada Pemkab Sukabumi jika kepala daerahnya dalam mengeluarkan kebijakan tidak berpihak kepada masyarakat," tambahnya.
    
Dengan adanya Baldatun Center ini, katanya lebih lanjut, masyarakat Sukabumi bisa memanfaatkannya dan tidak hanya terpaku untuk warga Kabupaten Sukabumi, tetapi juga untuk seluruh warga Kota dan Kabupaten Sukabumi.

Selain itu, Ade yang merupakan anggota DPRD Kabupaten Sukabumi itu juga bercita-cita melalui organisasi yang didirikannya tersebut bisa menjawab semua permasalahan di Sukabumi.
   
"Baldatun Center juga memberikan pelayanan bantuan hukum bagi warga yang tidak mampu. Apalagi saya yang berlatar belakang pengacara bisa memanfaatkan ilmu untuk membantu sesama," kata Ade Dasep. (Ant/M023).

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016