Bekasi (Antara Megapolitan) - Badan Pengelola Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Jawa Barat, telah melakukan penanaman sedikitnya 1.500 bibit pohon sepanjang Januari 2016 di wilayah setempat.

"Ada yang jenisnya pohon pelindung, seperti salam dan mahoni. Kita tanam di pinggir Kali Bekasi dan di sekolah," kata Kepala BPLH Kota Bekasi Supandi Budiman di Bekasi, Jumat.

Menurut dia, penanaman pohon itu selain menambah penghijauan wilayah, juga sejalan dengan program pengadaan 1.000 taman di Kota Bekasi untuk ruang publik.

"Kami juga tanam, pohon-pohon ini di sejumlah tanam yang yang menjadi ruang publik, seperti di Kecamatan Bantargebang, Kecamatan Bekasi Timur, dan Kecamatan Rawalumbu," katanya.

Supandi mengatakan bahwa pihaknya berencana akan melakukan penambahan penanaman pohon sebanyak 5.000 tanaman yang akan tersebar di seluruh wilayah Kota Bekasi.

"Dananya nanti berasal dari APBD, partisipasi masyarakat, dan pihak ketiga," katanya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak terkait, seperti kelurahan dan kecamatan, untuk teknis penanaman dan jenis pohon serta sumber bibitnya.

"Kami sudah siapkan bibitnya dan tinggal distribusi bibit serta jenis pohon," ujarnya.

Supandi menambahkan bahwa pihaknya juga telah meminta ganti rugi pohon kepada pihak pengembang proyek Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) atas penebangan yang dilakukan di sepanjang Jalan K.H. Noer Alie Kalimalang.

"Pengembang sudah siap mengganti rugi pohon yang mereka tebang," katanya.
(Adv).

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016