Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno menghadiri acara Dirgahayu ESQ Ke-22 secara virtual dengan memberikan sambutan yang dihadiri ratusan tokoh yang diundang di antaranya para pendukung, alumni, dan juga keluarga besar ESQ.

"Beruntung Pak Ary dan ESQ, sudah mengajarkan kami 7 Budi Utama yaitu jujur, tanggungjawab, visioner, disiplin, kerjasama, adil, peduli. Kita menuju Indonesia emas tahun 2045," kata Sandi dalam keterangannya, Selasa. 

Sandi mengatakan dengan inovasi, adaptasi dan kolaborasi semangat kita adalah 3 G yaitu Gercep (gerak cepat) sesuai dengan semangat kita untuk kembali bangkit di tengah tengah pandemic. Geber (bergerak bersama) dengan silaturahim kita bisa memastikan membuka peluang usaha dan lapangan pekerjaan. 

Serta Gaspol (garap semua potensi online) untuk menciptakan lapangan kerja seluas luasnya," sambungnya dalam acara yang mengusung tema "Bersatu Mewujudkan Indonesia.

Sandi menutup sesinya dengan sebuah pantun, "Bulu elang terbang ke awan, hinggap sebentar di pohon yang tinggi. Hadir di acara halal bihalal ESQ yang menawan, untuk saling bersilaturahim juga bersinergi. Maju terus kang Ary, ESQ, dan ESQ Business School.

Sama halnya dengan Sandiaga Uno yang menggembar gemborkan tentang 7 Budi Utama, Komjen Pol. Purn Nanan Soekarna mengajak ratusan orang yang hadir di Ruang Granada Menara 165 untuk memaparkan 7 Budi Utama serta gerakannya.

"Karakter 7 budi utama tersebut merupakan tanggung jawab para ketua korwil Forum Komunikasi Alumni ESQ untuk senantiasa meneruskan kepada istri, suami, anak anaknya. Dan untuk menyampaikan BERAKHLAK 7 budi utama harus dengan rumus GKF atau Gerak Kata Fokus yang positif," jelas pria yang mengenakan baju batik itu.

Baca juga: Menteri Parekraf dorong pentas seni Saraswati Sewana di Bali digelar tiap tahun
Baca juga: Bali Waste Cycle dukung pariwisata berbasis keberlanjutan lingkungan

Ia juga berharap, "Mohon para korwil untuk menghafalkan serta meneruskan 7 budi utama ini diberbagai wilayahnya masing-masing. Hal ini sebagai salah satu saja bentuk ungkapan kita kepada semua alumni. Yang artis teruskan di artis juga ya."

Founder ESQ Group Ary Ginanjar Agustian menyampaikan bahwa tonggak pertama Indonesia Emas Berkarakter saat nilai-nilai Ber-AKHLAK dijadikan Core Values atau Panduan Moral bagi ASN serta seluruh BUMN. ESQ mendukung hal tersebut di atas dengan mencanangkan Alumni ESQ BERAKHLAK 7 Budi Utama.

Menurut Ary, saat ini bukan kebetulan Ber-AKHLAK sudah menjadi core values atau panduan moral di seluruh BUMN, ASN, juga Bapenas. Nilai-nilai Ber-AKHLAK sangat sejalan visi 2020 Indonesia Emas Berkarakter.

"ESQ mendukung core values Ber-AKHLAK dengan mencanangkan Alumni ESQ BERAKHLAK 7 Budi Utama. Menara 165 adalah simbol kebangkitan Indonesia Emas, yang akan menjadi monumen bagi kemajuan Indonesia," tuturnya. 

Pewarta: Pewarta Antara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022