VP Corporate Secretary KAI Commuter Line Anne Purba menyebutkan pengguna KRL di Stasiun Bogor selama Pandemi COVID-19 terbanyak tercatat pada H+1 dan H+2 Lebaran ini mencapai 102.000 orang, dari hari biasa hanya 50.000 orang.

"Jadi ini mayoritas penumpang musiman yang memang memanfaatkan waktu lebaran untuk silaturahmi atau wisata," kata Anne di Kota Bogor, Senin.

Dia mengatakan tren pengguna KRL di Stasiun Bogor pada saat Lebaran 2022 sama dengan di Stasiun Jakarta Kota yang dekat dengan tempat wisata. 

Hingga pada H+5 Lebaran, jumlah pengguna KRL masih didominasi wisatawan lokal antarkota sebanyak 91.000 orang yang ingin menikmati suasana perjalanan menggunakan kereta api ke tempat sejumlah wisata.

Mereka rata-rata adalah pengguna KRL musiman karena ada hari libur nasional Lebaran. Terlebih, pada Lebaran tahun ini anak-anak diperbolehkan naik kereta api dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan. Anak-anak juga mendapatkan perpanjangan libur sekolah hingga 12 Mei 2021.

"Kalo kita lihat trennya itu, di hari libur jam 5 dan jam 6, di libur Lebaran itu semakin siang semakin ramai. karena penumpang musiman yang mau jalan dan wisata," katanya.

Dia menyampaikan berbeda dengan hari-hari kerja, pada saat libur Lebaran pengguna KRL justru mulai pukul 8.00 WIB dan 9.00 WIB penumpang mulai ramai. Para pengguna KRL musiman itu bisa membawa lebih banyak anggota keluarga untuk pergi berwisata.

Anne menjelaskan untuk menjaga lonjakan kasus penyebaran COVID-19, KAI juga tetap menerapkan jaga jarak, sehingga kapasitas KRL hanya diperbolehkan 60 persen.

Selama empat hari Lebaran, data yang diperoleh dari Polresta Bogor Kota, mulai H+1 Rabu (4/5) hingga H+4 Sabtu (7/5) Di Kota Bogor terdapat sejumlah tempat wisata favorit yakni  Kebun Raya Bogor, The Jungle Water Park, Kuntum Farm Field dan wisata air Marcopolo Water Adventure Bogor,  ditambah Alun-alun kota. 

Pengunjung Kebun Raya Bogor mencapai 67.906 orang pengunjung, wisata air The Junggle Water Park sebanyak 17.594 orang pengunjung, Kuntum Farm Field sebanyak 5.550 orang pengunjung dan wisata air Marcopolo Water Adventure Bogor sebanyak 5.415 orang pengunjung, sedangkan Alun-alun Kota Bogor mencapai 1.977 orang.




 




 

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022