Kepolisian Jepang, melalui Badan Kerjasama Internasional Jepang (JICA)  terkesan atas kinerja Polresta Bogor Kota yang mengembangkan beberapa program kemasyarakatan dalam menghadapi COVID-19 termasuk menghadapi libur Lebaran 2022. 
 
Perwakilan Kepolisian Jepang di JICA, Komisaris Jenderal Suzuki Motoyuki, saat berkunjung dengan rombongan di Polresta Bogor Kota, Sabtu, mengatakan kunjungannya ke Polresta Bogor Kota dalam rangka mengapresiasi terobosan kepolisian di Kota Bogor. 
 
"Saya datang untuk dapat penjelasan tentang kegiatan tugas polisi Polresta Bogor. Saya sangat terkesan, petugas Polresta Bogor sangat bekerja keras untuk tidak hanya menjaga keamanan tetapi juga menjaga kehidupan masyarakat dari COVID-19," katanya.
 
Suzuki menuturkan kepolisian Jepang sudah sejak tahun 2001 telah membantu Polri dalam bidang Polmas dan identifikasi kriminal. Dia yang juga menjabat sebagai President Manager Program Japan International Cooperation Agency (JICA) saat ini ditempatkan untuk merawat kerja sama dengan Polresta Bogor. 
 
Suzuki yang pernah menjabat sebagai Kapolda Tokoshima di Jepang merasa terkesan atas program polisi RW dan Marbot Mart yang digagas Polresta Bogor Kota selama pandemi COVID-19. 
 
Polisi yang di tempatkan di RW-RW mampu membantu petugas vaksinasi, memberikan bantuan sembako hingga sigap ketika ada masyarakat yang teridentifikasi positif COVID-19 sehingga segera dapat terdata dan ditangani Dinas Kesehatan setempat. 
 
Sementara, program Marbot Mart mampu membantu penjaga masjid untuk berpenghasilan lebih selain bersih-bersih, dengan membuka kios di pelataran masjid. 
 
Melalui program Marbot Mart, penjaga masjid juga dapat membantu kepolisian untuk menginformasikan tindak kejahatan yang berada di sekitar masjid melalui tombol alarm panik atau panic button. 
 
Suzuki pun mengunjungi langsung salah satu Marbot Mart di Masjid An Nimah Jalan Raya Tajur, Kelurahan Tajur, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor. 
 
Ia didampingi Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro melihat perkembangan bisnis bantuan modal usaha yang diinisiasi kepolisian tersebut dengan menggalang dana dari donatur secara sukarela. 
 
Mantan Kapolda Tokoshima itu menyampaikan polisi di Polresta Bogor cukup banyak menjalankan program dengan penuh kerja keras. Hal ini sama halnya dengan polisi di Jepang yang tidak menghiraukan istirahat di momen-momen penting, untuk melayani masyarakat. 
 
Terlebih saat ini Polresta Bogor Kota tetap melayani masyarakat yang untuk pertama kalinya menjalani Lebaran dengan suasana lebih longgar sejak Pandemi COVID-19. 
 
Polisi menghadapi berbagai situasi yang terjadi di masyarakat, baik mengenai lalu lintas kendaraan, tindak kriminal dan aksi sosial seperti menolong masyarakat yang kelelahan maupun sakit saat di perjalanan. 
 
"Di Jepang juga kalau ada masalah polisinya tanpa tidur melakukan kegiatan-kegiatan sangat keras ya, jadi itu sama-sama di Indonesia juga petugas polisinya tanpa tidur , kadang-kadang kesehatannya tidak bagus tetapi melakukan kegiatan secara keras untuk keamanan masyarakat, itu sangat terkesan," katanya. 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022