Bogor (Antara Megapolitan) - Pengelola pusat perbelanjaan Botani Square, yang terletak di pusat Kota Bogor, Jawa Barat, meningkatkan sistem keamanan dengan memberlakukan pemeriksaan barang bawaan para pengunjung.

Pantauan Antara, Jumat, peningkatan keamanan tidak seperti biasanya, kini tersedia petugas khusus yang memeriksa barang bawaan setiap pengunjung yang masuk di semua pintu.

Tidak seperti biasa, petugas hanya berdiri di pintu masuk dan menempelkan metal detektor kepada para pengunjung yang membawa tas ukuran besar. Tapi kini, setiap pengunjung wajib memperlihatkan isi tas ataupun barang bawaannya kepada petugas.

Pihak pengelola menyediakan meja khusus dan petugas yang akan memeriksa tas dan barang bawaan pengunjung yang akan masuk.

"Mulai kemarin keamanan dan penjagaan ditingkatkan, demi keamanan dan kenyamanan para pengunjung," kata Abit P, petugas keamanan Botani Square.

Menurutnya, pemeriksaan dilakukan sebagai upaya antisipasi, memastikan pengunjung tidak membawa benda-benda yang berbahaya maupun yang mencurigakan.

Bila ditemukan barang atau benda yang dikira mencurigakan, petugas akan mengambil langkah antisipatif dengan tidak mengizinkan barang tersebut untuk dibawa masuk.

"Kalau ada barang yang sekiranya ukuran besar dan mencurigakan, kita anjurkan untuk tidak membawa masuk. Menitipkannya di luar," katanya.

Abit mengatakan, pengamanan tambahan ini diberlakukan di setiap pintu masuk di Botani Square. Terdapat lima pintu masuk yang dijaga oleh setiap petugas.

Sementara itu, aktivitas kunjungan di Botani Square terpantau normal dan kondusif. Meski tidak terlalu ramai, tetapi pengunjung terlihat santai, sementara itu petugas keamanan internal terlihat lebih rutin berkeliling memantau situasi.

Begitu juga suasana di kedai kopi Starbucks yang ada di bagian depan pintu masuk Botani Square terlihat ramai oleh pengunjung.

Seperti yang diberitakan kemarin, Kepolisian Resor Bogor menetapkan status siaga satu dengan meningkatkan pengamanan wilayah. Petugas melakukan pembersihan area (sterilisasi) di Kebun Raya, Istana Bogor, termasuk Botani Square.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016