Presiden RI Joko Widodo menyatakan telah berbicara dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dari Jakarta, Rabu (27/4), dan menegaskan dukungan Indonesia terhadap upaya perundingan perdamaian.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi dalam cuitannya melalui akun Twitter @jokowi, yang dipantau di Jakarta, Kamis. "Kemarin saya berbicara dengan Presiden @ZelenskyyUa dari Ukraina," tulis Presiden Jokowi dalam akun Twitternya.

Presiden Jokowi tidak menyebutkan apakah dirinya dan Zelensky berbicara melalui sambungan telepon/panggilan video, pesan singkat, atau media lainnya.

Namun, Presiden Jokowi mengatakan dalam kesempatan tersebut dirinya menegaskan dukungan Indonesia terhadap segala upaya agar perundingan perdamaian berhasil, dan siap memberikan bantuan kemanusiaan.

Sementara itu secara terpisah, Presiden Ukraina Zelensky melalui akun Twitternya @ZelenskyyUa juga menyampaikan bahwa dirinya berbincang dengan Presiden Jokowi.

Zelensky dalam cuitannya menyampaikan terima kasih atas dukungan kedaulatan dan integritas teritorial, khususnya untuk posisi jelas di PBB.

Dia juga menyebut isu ketahanan pangan menjadi pembahasan antara dirinya dengan Presiden Jokowi. Dia berterima kasih kepada Presiden Jokowi karena telah mengundang dirinya ke pertemuan puncak G20.

Keseluruhan pernyataan Zelensky itu belum dapat dipastikan kebenarannya, sebab Presiden Jokowi dalam cuitannya tidak menyebutkan tentang dukungan kedaulatan terhadap negara manapun, soal integritas teritorial maupun soal mengundang Zelensky ke pertemuan G20.

Baca juga: Ukraina tawarkan Rusia berunding tanpa syarat di Mariupol
Baca juga: Sekjen PBB akan temui Presiden Rusia dan Ukraina pekan depan

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022