Bekasi (Antara Megapolitan) - Komunitas pengusaha yang tergabung dalam Zona Bekasi Kreatif menargetkan peresmian sentra kreativitas di wilayah setempat akan berlangsung pada Maret 2016.

"Targetnya sentra bagi para pelaku usaha kreatif resmi beroperasional berbarengan dengan HUT Kota Bekasi pada 10 Maret 2016," kata Managing Director Zona Bekasi Kreatif, Adi Samsuito, di Bekasi, Selasa.

Menurut dia, pembentukan Zona Bekasi Kreatif salah satu tujuannya adalah untuk menyiapkan pelaku ekonomi kreatif menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

"Para pelaku ekonomi kreatif yang tersebar di berbagai bidangnya akan kita fasilitasi di zona ini," ujarnya.

Dikatakan Adi, sentra yang dimaksud merupakan tempat usaha representatif dalam bentuk gedung maupun bangunan pusat perbelanjaan seperti mal dan lainnya.

"Saat ini kami masih melakukan pemetaan sejumlah lokasi serta menyeleksi para anggota komunitasnya," katanya.

Dikatakan Adi, Zona Bekasi Kreatif ini akan berperan sebagai mediator antara pelaku ekonomi kreatif, pemerintah daerah selaku regulator dengan pasar.

Menurut dia, Kota Bekasi memiliki potensi industri kreatif yang dapat dikembangkan layaknya Yogyakarta atau Bandung.

Sejumlah industri kreatif yang dapat dikembangkan di Kota Bekasi seperti boneka, kerajinan tangan, kuliner khas daerah, pakaian, dan perhiasan.

"Percepatan pertumbuhan kegiatan ekonomi yang mengandalkan kreatifitas di Kota Bekasi perlu terus didorong, salah satunya adalah melalui Zona Bekasi kreatif," ujarnya.

Dikatakan Adi, Zona Bekasi Kreatif juga akan melakukan bimbingan dan pemberdayaan bagi para pelaku ekonomi kreatif yang baru membangun usahanya.

"Kita akan sama-sama belajar dan saling berbagi ilmu di sentra yang akan kita siapkan nanti secara gratis," katanya.
(Adv).

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016