Makara Art Center Universitas Indonesia (MAC UI) melakukan pameran kaligrafi selama 3 hari pada 22-24 April 2022 dan telah mengumpulkan dana sebesar Rp50.000.000,- dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Kepala MAC UI, Dr. Ngatawi AL-Zastrouw dalam keterangannya, Senin, mengatakan, dana tersebut akan disumbangkan kepada para seniman kaligrafi yang terdampak pandemi COVID-19.

"Sudah dua tahun mereka tidak bisa pameran dan menjual hasil karya. Semoga dana yang terkumpul ini dapat sedikit membantu mereka di hari Raya Idul Fitri," kata Zastrouw.

Selain bentuk kepedulian UI kepada para seniman, kegiatan ini juga merupakan wujud pengamalan Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu darma Pengabdian Pada Masyarakat.

Baca juga: MAC UI dukung pengembangan seni budaya desa adat Kampung Pulo di Garut

Dana bantuan hasil pameran diserahkan langsung oleh Deputi II Baznas, bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Dr. Imdadun Rahmat, M.Si., kepada Lembaga Kaligrafi Al-Qur’an (LEMKA), sebagai lembaga yang akan menyalurkan kepada para seniman Kaligrafi.

Dr. Imdad menyatakan, Baznas sangat mengapresiasi kegiatan yang yang positif ini, apalagi ini diinisasi oleh perguruan tinggi.

”Bantuan ini adalah bentuk apresiasi dan kepedulian Baznas keadaan para pejuang seni kaligrafi. Mereka adalah para mubaligh yang menggunakan seni kaligrafi sebagai media dakwah," katanya.

Lukisan yang dibeli Baznas ini akan dilelang untuk pengumpulan dana sosial.

Pameran kaligrafi di MAC ini merupakan rangkaian kegiatan Syiar Ramadhan Kampus UI yang diselenggarakan oleh MAC UI bekerjasama dengan Direktorat Kemahasiswaan, Asrama Mahasiswa dan Masjid Ukhuwah Islamiyah Kampus UI Depok, didukung oleh PPKB-FIB UI dan Komunitas Musisi Mengaji (Komiji).*

Baca juga: Makara Art Center UI gelar lomba seni religi tingkat nasional
Baca juga: MAC UI gelar "Nusantara Berkisah" bertema kearifan lokal

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022