Petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat berhasil memadamkan kebakaran trafo pembangkit daya listrik pada sebuah perusahaan yang berlokasi di Jalan Kalimalang Desa Sukadanau, Kecamatan Cikarang Barat dengan dibantu hujan.

"Butuh waktu satu setengah jam lebih untuk memadamkan api, dibantu guyuran air hujan," kata petugas Damkar Kabupaten Bekasi Musa di lokasi, Jumat.

Dia mengatakan insiden kebakaran di lokasi tersebut terjadi sekitar pukul 12.00 WIB berdasarkan laporan perusahaan kepada Disdamkar Kabupaten Bekasi.

Baca juga: Disdamkar Bekasi usulkan penambahan pos baru percepat penanganan darurat
Baca juga: Ada 146 kejadian kebakaran di Bekasi sepanjang 2021

Setelah menerima laporan, pihaknya lantas bergegas menuju lokasi kebakaran dengan menerjunkan sebanyak enam unit mobil pemadam kebakaran dan 30 personel pemadam.

Petugas mengaku terkendala trafo yang masih menghasilkan arus listrik saat terbakar sehingga harus melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan PLN guna memutus aliran listrik.

Pihaknya masih diwajibkan menunggu hingga aliran listrik padam sepenuhnya sebelum bisa melakukan penyemprotan menggunakan cairan gas.

"Gardu-gardu PLN tidak bisa langsung disemprot karena ada arus listriknya jadi menunggu dipadamkan arusnya. Kemudian air tidak boleh untuk memadamkan listrik," katanya.

Baca juga: Kebakaran toko di Cikarang berhasil dipadamkan dalam waktu satu jam

Beruntung hujan yang mengguyur kawasan tersebut membantu proses pemadaman api setelah arus pada trafo yang mengalirkan listrik hanya kepada perusahaan itu padam secara menyeluruh.

Musa mengaku belum mengetahui secara pasti penyebab kebakaran tersebut. Pihaknya juga belum melakukan estimasi total kerugian yang dialami akibat insiden itu.

"Saya belum mendapat informasi terkait penyebab kebakaran, masih dalam tahap penyelidikan," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022