Washington (Antara/Reuters/Antara Megapolitan) - Presiden AS Barack Obama pada Selasa mengungkapkan rancangan langkah untuk mengetatkan peraturan menggunakan senjata.

Hal tersebut dilakukan karena banyak penembakan massa, seperti, penembakan di sekolah dasar di Connecticut pada 2012, yang menewaskan 20 anak-anak.

Pembunuhan di Newtown, Connecticuts, adalah salah satu rangkaian penembakan massal baru-baru ini sejak pertengahan 1990-an di AS.

Sejumlah kejadian terburuk baru-baru ini, diurut menurut angka kematian, termasuk pelaku penembakan, antara lain:

   Virginia Tech
16 April 2007 - Seorang pengguna senjata membantai 32 orang dan membunuh diri di Virginia Tech, universitas di Blacksburg, Virginia.

    Sandy Hook
14 Desember 2012 - Seorang bersenjata menembak mati ibunya kemudian membunuh 20 anak-anak, enam orang dewasa dan kemudian bunuh diri di Sekolah Dasar Sandy Hook di Newtown, Connecticut.

    San Bernardino
2 Desember 2015 - Sepasang suami istri membunuh 14 orang di pesta liburan kantornya di San Bernardino di California Selatan sebelum ditembak mati oleh polisi.

    Columbine
20 April 1999 - Dua remaja bersenjata mengamuk di SMA Columbine di Littleton, Colorado, menembak 12 siswa dan seorang guru hingga mati dan melukai lebih dari 20 orang sebelum mereka mengakhiri hidupnya sendiri.

    Kantor Imigrasi
3 April 2009 - Seorang warga Vietnam menembak pada saat berada di kantor imigrasi di Binghamton, New York, membunuh 13 orang dan melukai empat orang. Setelah itu, dia pun bunuh diri.

    Fort Hood
5 November 2009 - Seorang tentara menembakkan peluru di Fort Hood, di sebuah basis tentara AS di Texas, membunuh 13 orang. Penembak adalah seorang Mayor dan psikiater, dia diberi hukuman mati untuk aksinya tersebut.

    Washington Navy Yard
16 September 2013 - Mantan angkatan lalut cadangan yang bekerja sebagai kontraktor pemerintah membunuh 12 orang di Washington Navy Yard. Kemudian, dia pun tewas din tangan polisi.

    Bisokop di Colorado
20 Juli 2012 - Pria bersenjata menggunakan topeng membunuh 12 orang dan melukai 70 orang di dalam sebuah bioskop saat pemutaran premier Batman film "The Dark Knight Rises", tengah malam di Aurora, di pinggiran Denver. Penembak dipenjara seumur hidup.

    Penembak misterius di Washington, D.C.

Oktober 2002 - Dua orang menyergap 13 orang dan membunuh 10 dari mereka, hal itu merupakan pembunuhan bergaya penembak misterius yang meneror daerah Washington.

    Kampus Oregon
1 Oktober 2015 - Seorang pria bersenjata datang ke kampus Umpqua Community di barat daya Oregon kemudian menembak, menewaskan sembilan irang sebelum polisi menembaknya sampau mati.

    Gereja Charleston
17 Juni 2015 - Seorang pria supermasi kulit putih bersenjata membunuh sembilan orang kulit hitam saat sesi belajar Alkitab di sebuah gereja kaum kulit hitam bersejarah di Charleston, Carolina Selatan. Tersangka sedang menunggu persidangan.

    Pengendara Waco
17 Mei 2015 - Rival geng motor membunuh sembilan orang di sebuah tempat makan di Waco, Texas. Lebih dari 170 orang ditahan.

    Kakek Membunuh Keluarganya
18 September 2014 - Seorang kakek membunuh anaknya dan enam cucunya di Bell, Florida, kemudian dia pun membunuh dirinya.

    Universitas Oikos
2 April 2012 - Mantan mahasiswa membunuh tujuh mahasiswa di Universitas Oikos, sekolah Kristen kecil di Oakland, Califronia. Tersangka sedang menunggu persidangan.

    Kuil Sikh
5 Agustus 2012 - Seorang supermasis kulit putih berjalan ke dalam kuil Sikh di Oak Creek, Wisconsin, membunuh enam orang. Pria bersenjata tersebut bunuh diri setelah ditembak oleh polisi.

    Apartemen di Florida
26 Juli 2013 - Seorang pria melakukan penembakan di sebuah kompleks apartemen di Miami, Florida, menewaskan enam orang. Dia ditembak mati oleh polisi.

    Upaya Membunuh Anggota Kongres
8 Januari 2011 - Perwakilan AS Gabrielle Giffords menjadi target pembunuhan oleh seorang bersenjata di Tucson, Arizona, tempat penembak membunuh enam orang dan melukai 13 orang termasuk Giffords.

    Sekolah Amish
2 Oktober 2006 - Seorang bersenjata membunuh lima anak perempuan dalam sebuah ruangan sekolah Amish di Nickel Mines, Pennsylvania, sebelum membunuh dirinya sendiri.

    Klinik Keluarga Berencana
27 November 2015 - Seorang bersenjata mengamuk saat berada di klinik kesehatan Keluarga Berencana di Colorado Springs, Colorado, dia membunuh tiga orang dan melukai sembilan orang. Polisi menahan penembak.

    Wartawan Televisi
26 Agustus 2015 - Seorang reporter dan pemegang kamera disergap oleh mantan karyawan mereka Roanoke, Virginia, pada saat mereka sedang mewawancarai seorang perempuan untuk siaran langsung TV. Perempuan yang diwawancarai terluka. Kemudian si penembak bunuh diri saat polisi mengejar dia di jalan raya setelah dia melakukan penembakan.

Penerjemah: Fana/B. Soekapdjo.
    

Pewarta:

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016