Polres Kabupaten Purwakarta bersama Dinas Perhubungan setempat menggelar kegiatan ramp check atau inspeksi keselamatan bus-bus antar-kota dalam provinsi (AKDP) dan angkutan lainnya menjelang musim mudik lebaran.

“Ini adalah bagian dari upaya mempersiapkan secara preemtif dan preventif dalam menciptakan mudik aman dan lancar,“ kata Kasatlantas Polres Purwakarta AKP Warjo dalam keterangan persnya, Selasa.

Ia menyampaikan, kegiatan ramp chek dilakukan bersama sejumlah instansi lainnya. Di antaranya bersama jajaran pemerintah daerah seperti Dishub dan Satpol PP serta dari unsur TNI dan Jasa Raharja.

Baca juga: Pemkab Purwakarta optimalkan pendapatan perparkiran

Sasaran pemeriksaan ramp check ialah angkutan bus AKDP. Pemeriksaan dilakukan oleh petugas gabungan yang meliputi pemeriksaan kondisi kendaraan seperti fisik, lampu, alat pemantul cahaya dan sabuk keselamatan.

Pemeriksaan juga dilakukan terkait dengan emisi gas buang, kebisingan suara serta efisiensi sistem rem.

Selain itu, pemeriksaan juga dilakukan pada kelengkapan administrasi kendaraan bus tersebut, yakni SIM milik pengemudi, STNK, kartu pengawasan angkutan AKDP dan KIR.

Baca juga: Dishub Purwakarta pantau migrasi warga dari zona merah gunakan transportasi umum
Baca juga: Parkir sembarangan di Purwakarta akan kena sanksi

“Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memastikan armada Bus dalam kondisi baik dan layak jalan, guna menjamin kelancaran serta keamanan bagi para pengguna angkutan menjelang musim mudik lebaran,” katanya.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022