Lembaga Kemanusiaan Human Initiative terus menjaga nilai-nilai kemanusiaan dengan menguatkan kolaborasi kebaikan dan juga menumbuhkan kepercayaan publik dalam bergerak bersama menumbuhkan kemandirian.

"Pentingnya pemerataan informasi kinerja lembaga perlu menjadi catatan penting demi menumbuhkan kepercayaan penerima manfaat, donor, juga masyarakat global," kata Presiden Human Initiative, Tomy Hendrajati, dalam keterangannya, Jumat.

Selama 20 tahun Human Initiative (HI) berkarya sebagai lembaga kemanusiaan di Indonesia. Karenanya sebagai upaya menjaga nilai kemanusiaan, Human Initiarive menggelar acara bertajuk "Initiative Forum: Inspirasi Untuk Negeri, Berdikari dengan Kolaborasi" di Hotel Bidakara, di Jakarta.  

Baca juga: Human Initiative-IIC bantu bangun Masjid di London

Hal tersebut, kata Tomy, bukan semata-mata untuk mencitrakan segala kontribusi lembaga, melainkan sebagai usaha untuk menguatkan aksi kolaborasi dengan segala lini, demi mewujudkan masyarakat yang berdaya dan mandiri.

Menurutnya, menumbuhkan inspirator-inspirator kebaikan pun menjadi bonus yang begitu diharapkan dengan hadirnya berbagai program kemanusiaan sebagai pemantik kemandirian sosial.

"Inspirator-inspirator inilah yang harapannya nanti dapat terus menjaga api semangat kemanusiaan dan mewujudkan cita-cita luhur bangsa," urainya.

Ia menyebut, begitu banyak cerita suka dan duka yang dilalui dalam membangun lembaga kemanusiaan Human Initiative hingga bisa bertahan hingga saat ini.

Baca juga: Human Initiative bangun sarana air bersih di Sumsel

Beragam aksi kolaborasi dilakukan dengan begitu banyak sektor, namun hal itu bukan menjadi yang utama.

"Menanamkan nilai kemanusiaaan, edukasi masyarakat dan menumbuhkan kemandirian adalah hal penting yang harus terus diperjuangkan bersama," tutur Tomy.

Dalam acara ini hadir sejumlah peserta Initiative Forum dari berbagai lintas. Di antaranya dari Kemenko PMK, Kementerian Koperasi dan UKM (Staf Ahli Menteri Koperasi dan UKM, Bidang Ekonomi Makro, Rully Nuryanto), BNPB, Internasional dan Nasional NGO, Korporasi baik Nasional maupun Lokal, serta mitra dari retail dan media masa lokal dan Nasional. 

"Acara berlangsung secara daring untuk tamu undangan online. Sedangkan yang hadir secara langsung, para narasumber dan peserta kegiatan tetap mematuhi Protokol Kesehatan. Initiative Talk dan Initiative Award," ungkapnya.

Baca juga: Human Initiative gelar Kongres Kemanusiaan 2021

Di Initiative Forum, Tomy melanjutkan, Human initiative menyampaikan sharing pemaparan tentang kinerja Human Initiative selama tahun 2021 dalam sesi bernama Initiative Talk. Dalam aktivitas ini juga disampaikan tentang jangkauan manfaat serta penerima manfaat yang telah terbantukan lewat program-program Human initiative selama masa pandemi. 

Selain itu, kata dia, pada sesi ini terdapat juga pemaparan dari beragam mitra kolaborasi Human Initiative dengan tujuan untuk menguatkan kolaborasi aksi kemanusiaan.  

Hal ini sebagai Apresiasi kepada mitra kolaborasi Human Initiative yang telah aktif membantu Program Human Initiative sepanjang tahun 2021.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022