Mahasiswa Perikanan Muhammadiyah Sukabumi (UMMI), Jawa Barat, menggelar bazar untuk memamerkan sekaligus mempromosikan produk olahan yang berbahan baku dari hasil laut dan pertanian di halaman Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu.

"Bazar ini selain untuk memperingati Hari Nelayan dan menyambut Ramadhan 1443 H, juga untuk mengenalkan berbagai produk olahan hasil laut dan perikanan karya mahasiswa UMMI jurusan perikanan," kata Ketua Himpunan Mahasiswa Muhammadiyah Sukabumi Fajar Firdaus di Sukabumi, Rabu.

Menurut Fajar, digelarnya bazar tersebut juga untuk meningkatkan konsumsi ikan khususnya masyarakat yang tinggal di wilayah Sukabumi, karena seperti diketahui kandungan gizi dalam ikan sangat tinggi yang bisa membantu meningkatkan kecerdasan.

Baca juga: Dosen UMMI terpilih jadi pembicara FGD PKM perguruan tinggi se-Jabar Banten
Baca juga: FKIP UMMI siap lahirkan calon pendidik kreatif dan menginspirasi

Selain itu, pada kegiatan itu mahasiswa menyosialisasikan bisnis perikanan yang potensi pasarnya masih sangat terbuka lebar dan baru sebagian kecil termanfaatkan serta bisa menjadi peluang bagi warga dalam meningkatkan pendapatannya.

Ia juga mengemukakan bahwa bazar tersebut juga menggandeng sejumlah pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dari Kota dan Kabupaten Sukabumi untuk mempromosikan serta memasarkan berbagai produknya.

"Kami pun mengadakan mengadakan webinar, lomba poster dan karya tulis bertemakan kemaritiman. Kegiatan ini pun terselenggara berkat kerjasama UMMI dengan Dinas Pertanian serta Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Sukabumi dalam upaya membangkitkan kembali bisnis UKMK yang sempat ambruk akibat terdampak pandemi COVID-19 berkepanjangan," tambahnya.

Baca juga: UMMI tingkatkan kompetensi dan kualitas dosen

Sementara, Asisten Daerah II Bidang Ekonomi Ahmad Riyadi mengatakan langkah yang dilakukan Mahasiswa Perikanan UMMI selain bahan kegiatan praktek lapangan juga usaha membangkitkan jiwa kewirausahaan khususnya di bidang kelautan, perikanan dan pertanian.

"Kami yakin dengan digelarnya bazar ini bisa mendorong pemulihan ekonomi secara umum dan juga meningkatkan wawasan mahasiswa di masa belajar. Sehingga mengetahui bagaimana melakukan pengolahan dan pemasaran pascapanen serta menjadi contoh untuk warga, apalagi seperti diketahui Kabupaten Sukabumi memiliki garis pantai hingga 113 kilometer dan lahan pertanian hingga puluhan ribu hektare yang potensi ini bisa dimanfaatkan dalam usaha meningkatkan perekonomian," katanya.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022