Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila melaksanakan dua program pelatihan dan edukasi sebagai bagian dari Program Kemitraan Masyarakat di wilayah Kelurahan Pulogebang Kecamatan Cakung Kota Administrasi Jakarta Timur. 

"Kegiatan ini menggunakan beberapa pendekatan yaitu pendekatan pemetaan, pelatihan dan pendampingan. Pelatihan dan edukasi yang diberikan bertemakan Digital Marketing dan Administrasi Keuangan Digital," kata Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Dr. Ir. Iha Haryani Hatta, S.E., M.M dalam keterangannya, Selasa.
 
Kegiatan ini merupakan ide tim inti PKM Dosen FEB UP yang terdiri atas Dr. Ir. Iha Haryani Hatta, S.E., M.M. , Dian Riskarini, S.E., M.M. dan Yuli Ardianto, S.E., M.MSi.

Pemahaman potensi masyarakat yang besar namun perlu pembinaan dan pendampingan mitra pada wilayah kelurahan Pulo Gebang hubungan baik yang telah terjalin sejak lama oleh Dian Riskarini, S.E., M.M yang pernah menjabat sebagai Ketua TP PKK Kelurahan Pulo Gebang (2010-2014) bersama Yayah Syamsiah sebagai Ketua baru TP.

PKK Kelurahan Pulo Gebang saat kini maka pelaksanaan kegiatan kemitraan kepada masyarakat ini difokuskan pada wilayah ini dengan dukungan sepenuhnya oleh Lurah Pulo Gebang Imran, S.Sos.  

Fokus awal kegiatan PKM dilokuskan pada wadah Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) sebagai fasilitator Tanah Pekarangan yang biasa dimanfaatkan oleh warga masyarakat Pulo Gebang dengan koordinasi dan kerjasama pengelola RPTRA serta kelompok kegiatan kader PKK khususnya Pokja III dibawah binaan dan pengawasan Tim PKK Kelurahan. 

Potensi RPTRA sebagai laboratorium hidup pelaksanaan 10 Program PKK sangatlah besar bagi upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Melalui peningkatan edukasi dan pelatihan bagi para pengelola RPTRA dan juga kader PKK diharapkan mampu menjadi pionir bagi penyebaran ilmu dan keterampilan yang bermanfaat bagi warga sekitar lingkungan RPTRA di wilayah Pulo Gebang. 
 
Kegiatan PKM FEB UP (ANTARA/Foto: Humas UP)

Atas dasar inilah Tim Inti PKM FEB UP berniat melakukan beberapa program pembinaan melalui edukasi dan pelatihan bagi para pengelola RPTRA dan para kader PKK khususnya Pokja III di wilayah kelurahan Pulo Gebang Jakarta Timur.  

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mendukung upaya pengolahan hasil pemanfaatan tanah pekarangan RPTRA yang ditanami oleh beragan tanaman produktif dan TOGA serta para kader PKK dalam pemanfaatan bahan bekas menjadi produk sandang yang bermanfaat dan berdaya jual. 

Bentuk edukasi dan pelatihan yang diberikan merupakan hasil diskusi saat pemetaan awal yang dilakukan oleh tim inti PKM bersama para pengurus PKK Kelurahan dan juga perwakilan RPTRA wilayah kelurahan Pulo Gebang 18 Maret 2022.

Pelaksanaan kegiatan Edukasi dan Pelatihan dilakukan dalam satu hari yang dibagi menjadi 2 sesi bertempat di salah satu RPTRA kelurahan Pulo Gebang yaitu RPTRA Damai Indah Rawa Bebek yang dikoordinatori oleh Riza Indriyani. 

Peserta pelatihan diikuti oleh 12 orang pengelola yang mewakili 4 RPTRA di lingkungan kelurahan Pulo Gebang ( RPTRA Damai Indah Rawa Bebek, RPTRA Cahaya Ujung Krawang, RPTRA Pulo Gebang Indah dan RPTRA Pulo Gebang Permai) serta 6 orang kader PKK Kelurahan yang terdiri dari Ketua, Sekretaris, Bendahara dan anggota Pokja III TP PKK Kelurahan Pulo Gebang. 

Lurah Imran, S.Sos yang hadir menyimak rangkaian acara sekaligus secara simbolis menerima bantuan pengembangan dan pemberdayaan masyarakat yang diberikan oleh Tim Inti PKM FEB UP kepada pengelola RPTRA dan juga Pokja III PKK Kelurahan. 

Bantuan pemberdayaan yang diberikan berupa alat pendukung pengolahan singkong dan pembuatan minuman bunga teleng serta bantuan pembuatan alat semai hidroponik bagi lahan RPTRA.
  
Bantuan pemberdayaan yang diberikan diharapkan mampu mendukung optimalisasi proses pengolahan hasil pemanfaatan lahan pekarangan RPTRA yang banyak ditanami tanaman produktif dan TOGA seperti bunga Teleng, Singkong, Lidah Buaya, Bayam, dan lainnya. 

Hasil panen yang sering dilakukan oleh pengelola RPTRA diharapkan dapat dimanfaatkan menjadi produk yang sehat dan berdaya jual tinggi sehingga dapat menjadi tambahan penghasilan yang produktif. Oleh karena itu hasil panen perlu diolah, dimanfaatkan serta diadministrasikan secara baik. 

Untuk memudahkan tujuan tersebut maka berdasarkan harapan para pengelola RPTRA dan ibu-ibu kader PKK maka pelatihan dan edukasi awal yang kami lakukan adalah berkaitan dengan pemasaran hasil panen dan olah produk secara digital oleh Aulia Keiko H, S.I.A, S.Akt., M.M., M.S.E. dan Dr. Gunawan Baharuddin, S.E., M.Ec. 

Pada sesi pertama ini Aulia Keiko memberikan informasi yang sangat jelas disertai sumber-sumber informasi platform marketing digital yang dapat dijadikan guidance bagi para peserta ketika ingin melakukan penjualan secara online dan digital. 

Antusiasme juga dirasakan saat Susilawati, S.E., M.Ak dan Khalida Utami, S.E., M.Sc. memandu semua peserta melakukan praktek pelatihan pembukuan administrasi pengelolaan keuangan secara digital hasil pengolahan pemanfaatan tanah pekarangan serta bahan bekas yang dikelola oleh RPTRA dan kader PKK melalui Handphone sehingga terasa lebih praktis, sistematis dan fleksibel dari sisi waktu dan tempat. 

Saat pelaksanaan kegiatan edukasi dan pelatihan ini tim inti PKM juga dibantu oleh para dosen FEBUP dan beberapa mahasiswa FEBUP sebagai fasilitator.  

Pelaksanaan acara program kemitraan masyarakat ini dengan semangat dilakukan oleh seluruh peserta juga tim PKM FEB UP dari pukul 10.00 hingga 16.00 WIB. 

Besar harapan tim PKM FEB UP semoga pelaksanaan kegiatan yang telah dilakukan dapat menginspirasi perubahan baik bagi peningkatan optimalisasi pemanfaatan hasil tanah pekarangan serta pemanfaatan bahan bekas yang dapat disampaikan secara berjenjang kepada masyarakat Pulo Gebang agar nantinya bisa dijadikan sebagai sumber peningkatan pendapatan masyarakat. 

Pewarta: *Humas Universitas Pancasila

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022