Bogor (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menargetkan ingin meraih prestasi pada Pekan Olah Raga Nasional (PON) dengan memperkuat cabang olah raga atletik untuk menjaring atlet berbakat melalui kegiatan Atletik Bupati Cup 2015.

"Diharapkan semua pihak berperan aktif dalam mempersiapkan atlet-atlet handal yang akan menjadi perwakilan Kabupaten Bogor dalam arena PON mendatang," kata Bupati Bogor, Nurhayanti di Cibinong, Senin.

Kejuaraan Atletik Bupati Cup 2015 diikuti sejumlah atlet berbakat yang akan diseleksi untuk mengikuti kejuaraan serupa di tingkat Provinsi Jawa Barat, sekaligus babak kualifikasi PON XIX 2016.

"Melalui Bupati Cup yang didedikasikan dalam kejuaran atletik ini merupakan bagian dari pembinaan olah raga cabang atletik yang mengarah pada dua tujuan utama yakni integritas dan prestasi," katanya.

Menurut dia, integritas dan prestasi merupakan kunci utama yang harus dipegang oleh para atlet, pelatih dan pengurus Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) sebagai satu kesatuan yang saling memperkuatkan.

"Dua kunci utama tersebut menjadi modal dalam rangka membangun prestasi atletik dengan menampilkan penampilan terbaik dan terus meningkatkan dalam pelaksanaan kompetisi atletik yang lebih besar," katanya.

Dia mengatakan, kepercayaan yang diberikan Pemerintah Provinsi Jabar kepada Pemerintah Kabupaten Bogor untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Bupati Cup 2015 diharapkan bisa menjadi sumber harapan untuk menyambut pertandingan olah raga yang lebih strategis dan penting lagi.

"Pelaksanaan PON XIX di 2016 mendatang dan PORDA Jabar XIII di 2018 beberapa cabang olah raga yang dipertandingkan akan digelar di Kabupaten Bogor, dan ini harus dipersiapkan dengan maksimal," kata Nurhayanti.

Ketua PASI Jawa Barat, Sarcipto mengatakan Pemerintah Kabupaten Bogor dinilai layak untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan acara olah raga berskala nasional dan regional seperti PON dan PORDA. Ini dilihat dari kemampuan pemerintah membangun GOR Pakansari.

"GOR Pakansari ini bisa mengoptimalkan penyelenggaraan Atletik Bupati Cup 2015 ini. Harapannya, cabang olah raga ini bisa terus berkembang dan lebih maju dari sebelumnya," katanya.

Sarcipto menambahkan, upaya regenerasi atlet cabang olah raga atletik harus terus dilakukan, karena cabang olah raga tersebut telah mengibarkan nama Jawa Barat dalam PON beberapa tahun lalu.

"Melalui atletik, Jawa Barat meraih sembilan medali emas, perak dan perunggu," katanya.  

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015