Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat, melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Cisarua, Bogor, menjelang Bulan Ramadhan.

"Ini memang rutin dilaksanakan setiap tahun menjelang puasa dan lebaran. Sidak pasar ini untuk memantau baik itu harga atau ketersediaan bahan pokok yang dibutuhkan oleh masyarakat," ungkap Kabid Tertib Niaga, Disdagin Kabupaten Bogor, Muhamad Iban usai sidak, Kamis.

Menurut dia, hasil sidak menyatakan bahwa Pemkab Bogor menjamin ketersediaan bahan pangan, tabung elpiji, serta bahan pokok lainnya seperti minyak goreng yang belakangan banyak dicari masyarakat.

Baca juga: Pemkab Bogor Pastikan Stabilitas Harga Pasar Pascalebaran
Baca juga: Sidak Disperindag Bogor Temukan Harga Komoditas Naik

“Tahun ini memang agak lebih istimewa, terutama minyak curah, kami terus berkoordinasi dengan provinsi mengenai minyak curah ini. Kami tidak diam, berbagai upaya kami lakukan, bagaimana caranya untuk ketersediaannya lancar,” kata Iban.

Ia menyebutkan Pemkab Bogor kini mulai melakukan operasi pasar di Citeureup untuk memenuhi kebutuhan minyak goreng masyarakat. Pihaknya juga masih menunggu persetujuan pemerintah pusat dan provinsi untuk menggelar operasi serupa di pasar lain.

"Operasi berikutnya, kami masih menunggu dari pihak kementerian dan provinsi, karena semua pasar setiap hari sudah mengeluhkan ketersediaan minyak curah," bebernya.

Baca juga: Jelang Ramadhan Pemkab Bogor Razia Pasar

Sementara, Direktur Operasional Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Tohaga, Doddy Jatmika di tempat yang sama menyebutkan, ada beberapa harga pangan yang mengalami kenaikan meski tidak signifikan.

“Alhamdulillah untuk Pasar Cisarua ini ketersediaan barang yang tadi disampaikan, untuk komoditi-komoditi itu aman terkendali, mudah-mudahan tidak ada lagi kelangkaan di sini,” ujar Doddy.
 
Pemkab Bogor sidak ketersediaan bahan pangan di Pasar Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (31/3/2022). (ANTARA/HO-Humas Pemkab Bogor)

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022