Bogor (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, melakukan penataan di Pasar Cibinong dengan merelokasi para pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di luar pasar dan badan jalan.

"Pemerintah Kabupaten Bogor akan memfasilitasi para PKL untuk bisa berjualan di tempat yang representatif bila mengikuti aturan yang berlaku," kata Bupati Bogor, Nurhayanti, saat meninjau lokasi relokasi PKL Pasar Cibinong, Kamis.

Menurutnya, para PKL yang sehari-hari berjualan di Pasar Cibinong tidak akan digusur. Mereka hanya akan dipindahkan ke tempat yang lebih nyaman, bersih dan rapi, sehingga tidak menimbulkan kemacetan di seputaran pasar.

"Dengan berjualan di tempat yang representatif, masyarakat jadi nyaman untuk berbelanja, dan tentu ini akan berimbas kepada penjualan pedagang," katanya.

Ia mengatakan pula bahwa untuk memudahkan upaya relokasi, para pedagang harus didata terlebih dahulu, terkait jumlahnya, untuk selanjutnya akan didaftarkan ke dalam pasar yang telah disiapkan.

"Pemkab Bogor juga sudah menyiapkan permodalan berbasis kerakyatan bekerja sama dengan Bank Jabar Banten. Pedagang yang berjualan di dalam pasar akan lebih nyaman, dan laku," katanya pula.

Guna menjamin agar jual beli pedagang di area relokasi itu tetap stabil, Dinas Koperasi dan Perindustrian dan Perdagangan diinstruksikan untuk memfasilitasi seluruh PKL. Selain itu, DLLAJ juga diminta untuk mengizinkan angkutan umum agar bisa masuk ke lokasi relokasi sementara para pedagang.

"Dinas Kebersihan dan Pertaman juga kita instruksikan untuk menambah armada truk sampah agar sampah-sampah yang dihasilkan dari pasar bisa terangkut dan kebersihan tetap terjaga," katanya.

Nurhayanti juga menginstruksikan Satpol PP setempat untuk meningkatkan kinerjanya dalam menjaga ketertiban dan keamanan di area relokasi PKL Pasar Cibinong, dan menghindari adanya pergesekan antara pedagang dan oknum yang tidak bertanggungjawab.

"Semua OPD diinstruksikan bergerak bersama-sama menjaga tempat relokasi PKL Pasar Cibinong agar berjalan sesuai dengan rencana, sehingga tidak ada masalah lagi dengan oknum yang tidak bertanggungjawab," katanya.

Sementara itu, sejumlah PKL menyatakan setuju dengan rencana relokasi ke tempat penampungan sementara, dan mengharapkan Pemerintah Kabupaten Bogor dapat memberikan perhatian lebih dalam meningkatkan kesejahteraan para pedagang. Tercatat lebih dari seratus pedagang yang akan direlokasi ke tempat yang lebih layak.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015