Bogor, 5/6 (ANTARA) - Dua sekolah di Kota Bogor berhasil meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri 2012 sebagai sekolah berwawasan lingkungan terbaik.

Kedua sekolah peraih penghargaan Adiwiyata Mandiri 2012 ini adalah SMP Negeri 13 dan SMK Wikrama Kota Bogor, Jawa Barat.

"Penyerahan penghargaan akan dilakukan pada hari Selasa (5/6) besok di Istana Negara. Rencananya akan diserahkan oleh Presiden ke masing-masing sekolah," kata Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Dampak Lingkungan pada Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bogor Shahlan Rasyid, di Bogor, Senin.

Shahlan menjelaskan bahwa kedua sekolah tersebut sebelumnya telah menyandang status sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional. Pada tahun ini, keduanya meningkat menjadi Adiwiyata Mandiri.

Menurut Shahlab, sukses kedua sekolah tersebut meraih prestasi sebagai sekolah Adiwiyata Mandiri menjadi prestasi yang luar biasa. Karena untuk pertama kalinya dalam waktu satu tahun, dua sekolah sekaligus.

"Ini prestasi luar biasa, tahun lalu kami baru satu SDN Bantarjati 9 yang menjadi Adiwiyata Mandiri, dan tahun ini kami memiliki dua sekolah sekaligus," katanya.

Shahlan menyebutkan, pada tahun ini juga, lima sekolah di Kota Bogor maraih penghargaan Adiwiyata Nasional 2012. Lima sekolah yang meraih Adiwiyata Nasional yaitu SD Pertiwi, SMK Negeri 1, SMA YPHB (Yayasan Persaudaraan Haji Bogor), SMA Negeri 2, dan SMA Negeri 6. ?

"Penghargaan Adiwiyata Nasional rencananya akan diserahkan di hari yang sama oleh Menteri Negara Lingkungan Hidup, Balthasar Kambuaya, di Hotel Sahid Jakarta," kata Shahlan.

Menurut Shahlan suksesnya sejumlah sekolah di Kota Bogor meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional 2012 menjadi kado istimewa pada Hari Jadi Bogor ke-530 yang telah dirayakan pada hari Minggu (3/6) kemarin.

Shahlan menyebukan perjuangan meraih prestasi di bidang lingkungan tersebut cukup panjang. Sebelumnya, Pemerintah Kota Bogor mengajukan 19 sekolah untuk ikut dalam penilaian Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Barat.

Dari 19 sekolah tersebut, ada enam sekolah yang masuk penilaian Adiwiyata Nasional. Setelah dilakukan penilaian di tingkat nasional, dari enam sekolah, lima di antaranya lulus dan meraih predikat Adiwiyata Nasional 2012.

"Untuk di Jawa Barat, Kota Bogor dan Kabupaten Bandung menjadi daerah yang terbanyak jumlah sekolahnya mendapat Adiwiyata Nasional," katanya.

Shahlan menyebutkan, pada tahun 2011, SDN Bantarjati 9 Kecamatan Bogor Utara merupakan sekolah pertama di Kota Bogor yang menyandang predikat Adiwiyata Mandiri.

Saat ini, lanjut Shalan, ada 32 sekolah yang sedang dalam pembinaan Adiwiyata tingkat Kota Bogor. Ditargetkan dari 450 sekolah yang ada di Kota Bogor, baik, SD, SLTP, maupun SLTA, bisa menjadi sekolah Adiwiyata atau sekolah berwawasan lingkungan.

"Ke depan kita berharap, sekolah-sekolah lainnya di Kota Bogor bisa mengikuti jejak SD Bantarjati 9, SMP Negeri 13 dan SMK Wikrama," katanya.


Laily R

Pewarta:

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012