Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengajak seluruh elemen masyarakat setempat berikhtiar melakukan perjalanan suci kemanusiaan mengatasi pandemi COVID-19 bertepatan dengan peringatan Isra Mikraj tahun ini.

"Kami terus mengajak masyarakat untuk senantiasa semangat berikhtiar dengan penuh keikhlasan, saling membantu terhadap sesama," katanya dalam siaran pers peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW di daerah itu di Purwakarta, Rabu.

Dia mengatakan pada peringatan Isra Mikraj tahun ini, masyarakat masih dihadapkan dengan masa pandemi COVID-19 sehingga kegiatan keagamaan ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan.

Baca juga: Bupati Purwakarta: Tahun ini Pemadam Kebakaran jadi lembaga mandiri

"Pemerintah pusat, daerah, bahkan Pemkab Purwakarta selalu berupaya menyelesaikan masalah pandemi COVID-19, mulai dari penerapan protokol kesehatan, melakukan tes kesehatan, hingga pembatasan wilayah dengan prosedur khusus," kata dia.

Ia mengungkapkan peringatan Isra Mikraj untuk mengingatkan kembali atas peristiwa perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW dari Masjidilharam ke Masjidilaqsa sampai Sidratulmuntaha untuk menerima perintah shalat lima waktu.

Baca juga: Bupati harapkan pegawai di lingkungan Pemkab Purwakarta terapkan prokes ketat

"Jika dikorelasikan dengan masa pandemi sekarang ini, bisa dibilang ini adalah upaya atau ikhtiar dan perjalanan suci yang dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat dalam mengatasi pandemi COVID-19. Tentu saja harus dilakukan dengan jiwa dan hati yang bersih, pasrah, serta tulus ikhlas dengan niat pengabdian," katanya.

Melalui peringatan Isra Mikraj tahun ini, ia juga mengajak para kiai dan ustaz serta seluruh elemen masyarakat bersama-sama menguatkan ikhtiar dan memohon doa agar bisa kembali melaksanakan dan meningkatkan program pembangunan di wilayah Purwakarta.

Baca juga: Bupati Purwakarta imbau warga tidak panik atas meningkatnya kasus COVID-19

"Mudah-mudahan jerih payah perjalanan ikhtiar bersama selama ini dapat sampai menuju keridaan dari Allah SWT," kata dia.

Dalam agenda tersebut, nampak hadir sejumlah tokoh agama di Purwakarta, termasuk kalangan kiai dan ustaz. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022