Bupati Bogor, Jawa Barat, Ade Yasin mampu membangun 473,7 kilometer jalan desa selama tahun 2021, melalui program unggulan bernama Satu Miliar Satu Desa atau Samisade.

"Melalui Samisade ini pembangunan di desa semakin terlihat, akses jalan terbuka lebar, dan memperlancar aktivitas masyarakat," ungkapnya di Cibinong, Bogor, Kamis (24/2).

Menurutnya, pada tahun 2021, program bantuan keuangan desa itu dianggarkan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) senilai Rp372 miliar untuk 415 desa, guna menstimulasi pembangunan infrastruktur.

Selain membangun 473,7 kilometer jalan desa, program tersebut juga berhasil mebangun 362 meter jembatan, 8.005 meter tembok penahan tanah (TPT), 4.297 meter saluran drainase, dan 1.700 meter saluran irigasi.

Ade Yasin menyebutkan, di tahun 2022 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor kembali menganggarkan Rp395 untuk program Samisade yang akan didistribusikan ke 765 titik di 415 desa se-Kabupaten Bogor.

“Tolong ini dimanfaatkan dengan baik oleh desa untuk meningkatkan infrastruktur di desa, dengan melibatkan masyarakat untuk pembangunan,” kata Ade Yasin.

Ia menyebutkan, Pemkab Bogor akan membentuk tim pengawas tingkat kabupaten dan kecamatan, untuk mengawal program ini agar berjalan dengan baik di lapangan, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan hingga pelaporan.

“Nanti dibuatkan posko dan pusat informasi di desa, yang akan menampung aspirasi dan keluhan masyarakat terkait Samisade,” cetusnya.

Menurutnya, Pemkab Bogor bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) akan terus mengawal program Samisade dengan baik, mulai dari asistensi dan monitoring. Ia menganggap asistensi penting untuk mendampingi perangkat desa agar tidak salah mengambil langkah.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022