Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat bersama PT Mora Telematika Indonesia (Moratelindo) menandatangani kerja sama terkait penyediaan infrastruktur telekomunikasi di Media Center Stadion Patriot Candrabhaga hari ini.

"Langkah baik ini semoga terus berjalan dan semoga Kota Bekasi menjadi salah satu kota dengan pembangunan sektor digitalisasi terbaik menuju smart city," kata Wakil Direktur Utama PT Moratelindo Indonesia Jimmy Kadir di Bekasi, Jumat.

Dia menjelaskan bentuk penyediaan infrastruktur yang dimaksud berupa ducting block, U-ditch, horizontal directional drilling (HDD), serta kombinasi antara ducting block dengan HDD dengan harapan mampu membangun Kota Bekasi di bidang digitalisasi menuju kota pintar.

Baca juga: Kota Bekasi terima investasi Rp4,3 triliun dalam bentuk infrastruktur pengolahan sampah

Jimmy menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan yang diberikan Pemkot Bekasi kepada PT Moratelindo dan segera menjawabnya dengan pembangunan 600.000 meter infrastruktur pasif monopol dengan spesifikasi tertentu.

"Kerja sama ini mengacu peraturan pemerintah. Sebelumnya kami sudah bekerja sama dengan Kota Semarang. Kota Bekasi merupakan kota kedua," katanya.

Pelaksana tugas Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengapresiasi PT Moratelindo atas kerja sama yang terjalin ini sebab selama hampir empat tahun melalui proses panjang akhirnya dapat terealisasi.

Baca juga: Kota dan Kabupaten Bekasi sepakati infrastruktur perbatasan

"Selanjutnya agar melakukan percepatan perjanjian kerja sama tersebut yang tentunya akan masuk dalam sejarah momentum di Kota Bekasi. Apresiasi saya haturkan atas sinergisitas perusahaan yang telah bekerja sama dengan kami," katanya.

Tri mengaku Pemerintah Kota Bekasi tahun ini memiliki target penambahan 1.000 jaringan wifi yang tersebar di ruang-ruang publik. Dengan kerja sama ini diharapkan mampu menambah sedikitnya 3.000 jaringan gratis untuk warga Kota Bekasi.

Baca juga: Pemkot Bekasi tambah alokasi dana infrastruktur 2019

"Ini merupakan momentum sejarah dalam mengembangkan Kota Bekasi menuju smart city. Semoga warga Kota Bekasi puas akan pelayanan publik yang diberikan," katanya.

Dirinya berharap semua perangkat daerah memiliki rencana menuju smart city dan juga sejuta konsep perencanaan di bidang digitalisasi yang dituangkan dalam pelaksanaannya nanti.(KR-PRA).

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022