Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI), Teguh Dartanto, Ph.D. menyatakan ide-ide baru dalam dunia bisnis perlu diberikan pada generasi muda untuk mendorong terciptanya inovasi.

"Salah satu upayanya adalah dengan memasukkan pendidikan inovasi ke dalam kurikulum pengajaran," kata Teguh Dartanto dalam keterangannya, Selasa.

Ia mengatakan bisa juga dari seminar-seminar kita banyak belajar dan mendapatkan masukan, termasuk menghasilkan kolaborasi tidak hanya antara UI dan Asian Development Bank (ADB), tetapi juga dengan universitas lain.

Baca juga: FEB UI-Kemendag dukung pengembangan bisnis UMKM
Baca juga: Dikunjungi 13 juta, MM FEB UI raih penghargaan IDPBA 2021

Sementara itu Direktur Direktorat Inovasi dan Science Techno Park (DISTP) UI, Ahmad Gamal mengatakan perlu diciptakan program inkubasi yang fleksibel karena kondisi dan tantangan yang dihadapi startup berbeda-beda. Diperlukan struktur untuk mengatur proses identifikasi hingga pengembangan startup.

"Tidak semua startup yang masuk ke program inkubasi UI diizinkan mengembangkan produk. Jika mereka tidak mampu memvalidasi problem dan solusinya, mereka tidak akan diikutsertakan dalam product market fit. Begitu pula pada fase scale up (pendanaan), tidak semua startup mampu memvalidasi produk dan melewati fase ini," kata Gamal.

FEB UI dan ADB telah menyelenggarakan Webinar: Indonesia Development Talk. Kegiatan ini akan terus diselenggarakan sebagai realisasi Memorandum of Agreement antara ADB dan FEB UI tentang Depository Library.

Baca juga: Mahasiswa FEB UI angkatan 2018 raih dua penghargaan dari Ikatan Akuntan Indonesia

Country Director for Indonesia, ADB, Jiro Tominaga juga menyampaikan, webinar ini merupakan webinar lanjutan yang membahas pendekatan dan solusi inovatif untuk menghadapi pembangunan di Indonesia.

"Seminar ini penting karena startup memiliki peran yang sangat signifikan. Banyak startup yang membuka cara baru untuk menjual produk mereka. Oleh karena itu, merupakan langkah tepat apabila pemerintah dan pelaku bisnis terus mengembangkan inovasi dan talenta generasi muda Indonesia demi memberikan manfaat bagi masyarakat," kata Jiro.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022