Pengilon Edupark di Desa Pengilon, Bulu, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menggandeng puluhan warga sekitar untuk terlibat dalam pengelolaan wisata kuliner.

"Kami bersinergi dengan pihak desa untuk membuat pasar kuliner, nanti akan kami fasilitasi dan nanti dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)," kata Direktur Utama Pengilon Edupark Nazarudin di Temanggung, Sabtu.

Ia menyampaikan hal tersebut pada pembukaan Pengilon Edupark, yang dihadiri oleh Dandim 0706/Temanggung Letkol Czi Kurniawan Hartanto.

Nazarudin menyampaikan dengan melibatkan masyarakat dalam wisata kuliner ini diharapkan dapat memajukan kesejahteraan masyarakat di wilayah pengilon dan sekitarnya.

Baca juga: Kota Pekalongan siap luncurkan penggunaan Taman Wisata Pasir Kencana

Ia menyebutkan Pengilon Edupark yang menempati lahan seluas 5,8 hektare ini merupakan taman wisata untuk edukasi bidang pertanian, perkebunan dan juga ada tempat wisata seperti tempat foto, "camping ground", "glamping", dan kolam renang untuk anak.

"Di sini terdapat perkebunan lengkeng, durian, jeruk, dan alpukat. Kami juga menyediakan kafe yang khusus menjual kopi Temanggung sehingga bisa mengangkat petani kopi di kawasan Sindoro dan Sumbing ini," katanya.

Nazarudin mengatakan pihaknya ingin mengembangkan wisata di Pengilon karena lokasinya sangat bagus dan strategis. Di sini wisatawan dan melihat tujuh gunung yang berada di sekitarnya, antara lain Sindoro, Sumbing, Merapi, dan Merbabu.

Baca juga: Desa Wisata Sedari Karawang masuk dalam kalender kegiatan wisata Jabar

"Setelah kami survei, lokasi sangat menarik, panoramanya sangat indah dengan latar belakang sejumlah gunung sehingga sangat mungkin untuk dikembangkan," katanya.

Kepala Desa Pengilon Fadli Putro Budi Dwi Wirakusuma berharap dengan adanya Pengilon Edupark ini dapat meningkatkan perekonomian warga Desa Pengilon.

Ia menyampaikan wisata kuliner yang akan dikelola BUMDes, untuk tahap awal akan melibatkan 28 warga.

Baca juga: Wagub Kaltim promosikan destinasi wisata Kota Samarinda

Dandim 0706/Temanggung Letkol Czi Kurniawan Hartanto dalam sambutannya menyampaikan Pengilon Edupark yang menjadi tempat wisata baru di Temanggung ini mudah-mudahan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

"Mudah-mudahan kehadiran Pengilon Edupark ini dapat membawa manfaat kepada masyarakat banyak, khusunya masyarakat Pengilon dan sekitarnya," katanya.

Pewarta: Heru Suyitno

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022