Bekasi, 31/5 (ANTARA) - Dewan Pimpinan Cabang PDIP Kota Bekasi, Jawa Barat, menjaring 13 tokoh masyarakat dan kader partai yang berminat mencalonkan diri sebagai kepala daerah setempat pada Pilkada 16 Desember 2012.

"Mereka akan kita sosialisasikan kepada masyarakat untuk mengetahui tingkat kepopulerannya," ujar Ketua Desk Pilkada PDIP Kota Bekasi, Darius Dolok Saribu, di Bekasi, Kamis.

Menurut dia, nama-nama yang terjaring didominasi kalangan eksternal partai dari unsur tokoh masyarakat, akademisi, dan birokrat yang memiliki gagasan penting dalam membangun Kota Bekasi lebih baik lagi.

Mereka adalah Dadang Mulyadi (Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi), Sumiyati Mochtar (kader), Mustofa (Ketua DPC PBB Kota Bekasi), Adhy Firdaus (akademisi), Anim Imanudin (Ketua Komisi C DPRD Kota Bekasi, kader), Nyimas Sakuntala Dewi (aktivis), Mustaqim Adam Kamara (PNS Kota Bekasi), R. Bambang SS (jurnalis), Marhaban Sigalingging (Dewan Pansihat Partai Gerindra Kota Bekasi), Nuryadi Darmawan (anggota DPRD Kota Bekasi, kader), Tumai (Wakil Ketua DPRD Kota Bekasi, kader), Harun Al Rasyid (akademisi, kader), dan Ismail Ibrahim yang juga mantan Ketua DPRD Kota Bekasi.

"Pengambilan formulir pendaftaran sudah kami tutup pada Selasa (29/5)," ujarnya.

Menurut dia, nama-nama itu akan disosialisasikan ke seluruh ranting dan juga masyarakat melalui sejumlah baliho yang akan dipasang di seluruh wilayah Kota Bekasi.

Setelah agenda sosialisasi, kata dia, seleksi dilanjutkan dengan mengukur elektabilitas para bakal calon oleh dua lembaga survey yang digandeng DPC PDIP.

"Penilaian dari lembaga survey dan masukan dari ranting akan dijadikan bahan diskusi sebelum DPC merekomendasikan nama bakal calon yang paling unggul ke DPD Jabar dan DPP," katanya.

Bakal calon, Harun Al Rasyid, otomatis mundur dari keanggotannya di Desk Pilkada DPC PDIP Kota Bekasi setelah resmi mengambil formulir pendaftaran.

"Meskipun sebelumnya saya anggota desk pilkada, persaingan akan tetap fair karena nilai demokrasi yang dijunjung tinggi. Saya berterima kasih kepada sejumlah pihak di kalangan internal partai dan eksternal partai yang mendorong saya maju pada Pilkada nanti," ujar dosen Fakultas Ilmu Politik Unisma Bekasi itu.


Andi F

Pewarta:

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012