Polres Sukabumi Kota menggelar swab antigen secara massal kepada personelnya dan masyarakat di Mapolres Sukabumi Kota,  Sukabumi, Jawa Barat pada Kamis (3/2).

"Pelaksanaan swab antigen secara massal ini untuk mengetahui perkembangan COVID-19 varian Omicron dan kondisi kesehatan para personel serta masyarakat, karena saat ini kasus warga yang terpapar COVID-19 terjadi lonjakan," kata Kabag SDM Polres Sukabumi Kompol Suryo Wirawan di Sukabumi, Kamis.

Menurut Suryo, pemeriksaan kesehatan melalui swab antigen ini sangat penting bagi para personel Polres Sukabumi Kota untuk mendukung kinerjanya dalam memberikan pelayanan kepada warga, apalagi mayoritas personel berinteraksi langsung masyarakat sehingga rawan terpapar virus mematikan ini.

Swab antigen ini dilakukan kepada seluruh personel yang hendak masuk ke halaman Mapolres Sukabumi Kota maupun masyarakat umum yang ingin mendapatkan berbagai pelayanan seperti membuat surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) dan lainnya.

Selain itu, tujuan pelaksanaan swab antigen ini untuk memastikan tidak ada personel maupun warga yang masuk ke halaman Mapolres Sukabumi Kota terinfeksi virus yang pertama kali menyebar di Wuhan, China ini, karena dikhawatirkan jika ada yang positif bisa menyebar ke yang lainnya.

"Dari sekitar 30 personel yang diprioritaskan pada bagian pelayanan dan tujuh masyarakat yang menjalani swab antigen ini, tidak ada satupun yang positif atau seluruh hasilnya negatif," tambahnya.

Suryo mengatakan seluruh personel Polres Sukabumi Kota wajib mentaati berbagai peraturan terkait pencegahan penyebaran COVID-19 seperti harus disiplin menerapkan protokol kesehatan baik di dalam maupun luar lingkungan kerjanya serta melaksanakan vaksin dosis ketiga atau booster.

Lanjut dia, langkah yang dilakukan pihaknya ini juga bertujuan untuk memberikan kepercayaan kepada masyarakat dengan kondisi setiap personel yang dipastikan dalam keadaan sehat khususnya tidak terpapar COVID-19 yang diketahui melalui swab antigen secara rutin.

Kemudian, untuk menekan angka penyebaran COVID-19 di wilayah hukumnya pihaknya pun secara rutin melakukan patroli ke sejumlah titik yang kerap dijadikan tempat berkumpulnya masyarakat untuk memberikan edukasi dan imbauan agar warga selalu disiplin menerapkan protokol 5M.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : M Fikri Setiawan


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022