Pengelola Terminal Kalijaya Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat secara rutin melakukan pengawasan penerapan protokol kesehatan (prokes) terhadap penumpang moda transportasi darat di lokasi itu guna mencegah potensi penyebaran COVID-19.

Kepala Terminal Kalijaya Cikarang Dayan di Cikarang, Kamis, mengatakan pengawasan prokes dilakukan secara terus-menerus bukan hanya kepada penumpang melainkan juga awak perusahaan otobus serta segenap karyawan di lingkungan terminal.

"Hari ini kita melaksanakan 'swab' (tes usap) antigen kepada para penumpang. Sejauh ini semua yang kita ambil sampel hasilnya negatif COVID-19," katanya.

Baca juga: Kasus aktif COVID-19 di Karawang bertambah lagi 21 jadi 201 kasus
Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Karawang bertambah 16 jadi 104 kasus

Tes usap antigen di Terminal Kalijaya Cikarang juga diberlakukan kepada para penumpang asal daerah lain yang baru saja tiba di terminal setempat.

"Ini untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 transmisi lokal yang datang dari luar daerah," katanya.

Pihaknya juga secara kontinyu memberikan imbauan kepada setiap penumpang serta perusahaan otobus untuk selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Kami juga meminta bantuan pemerintah daerah untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan secara berkala di area terminal dan di dalam kendaraan," katanya.

Baca juga: Kasus COVID-19 di Karawang bertambah lagi 31 orang

Dayan mengaku masih menunggu instruksi pusat terkait dengan pengetatan protokol kesehatan lebih lanjut di area terminal saat lonjakan kasus harian COVID-19 terjadi belakangan ini.

"Sementara standar prosedurnya masih seperti ini. Kita juga masih menunggu instruksi lebih lanjut dari pimpinan sambil memastikan penerapan protokol kesehatan ketat jangan sampai kendur," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022