Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono menyatakan akan terus memperkuat kolaborasi kerja sama dengan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI).

Berbagai agenda strategis serius dibahas bersama secara hangat karena sekaligus menjadi suasana lepas kangen antara FTUI dan para alumninya yang bertugas di Public Sector di Depok,

Wakil Wali Kota Depok Imam Budi di Depok, Kamis mengatakan agenda Pembangunan Kota Depok maupun agenda internal FTUI diupayakan untuk bisa sinergis dengan Visi manajemen baru FTUI yakni Unggul dan Berdampak.

Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono sendiri merupakan alumni FTUI.

Baca juga: Mahasiswa FTUI raih juara kompetisi arsitektur internasional

Imam Budi Hartono mengatakan Bandung terkenal dengan kolaborasi Ridwan Kamil dan ITB nya, sementara Surabaya terkenal dengan kolaborasi Risma dan ITS nya.

Semakin relevan untuk mengupayakan Kolaborasi strategis antara Pemkot Depok dengan Imam Budi Hartono bersama Universitas Indonesia.

Penguatan kolaborasi pembangunan Kota Depok berbasis Pentahelix dimana 5 unsur subjek atau stakeholder Pembangunan Kota saling bekerjasama, yaitu: Academician (Akademisi), Business (Bisnis), Community (Komunitas), Government (Pemerintah) dan Media (Publikasi Media) atau biasa disingkat ABCGM.

Imam Budi Hartono memimpin langsung kunjungan ke Fakultas Teknik UI ini, delegasi Pemerintah Kota Depok yang terdiri dari Kepala Bappeda Depok Dadang Wihana, Kepala Dinas Poryata Dadan Rustandi, Tim Sinergitas yakni Askar Triwiyanto dan Ahmad Fitrianto serta Ade Supriyatna anggota DPRD Kota Depok yang juga alumni FTUI guna menguatkan kerja sama strategis antara Pemerintah Kota Depok bersama kalangan akademisi dan praktisi FTUI yang saat ini dikomandani Prof Dr Heri Hermansyah, M.Eng selaku Dekan FTUI periode 2022-2026.

Baca juga: Tim FTUI lakukan penelitian obat-obatan alternatif COVID-19

Tema-tema seputar rencana pengembangan Infrastruktur Air, Konektivitas dan Transportasi, Persampahan, Jembatan, Taman Margonda/Gerbang UI Depok hingga terobosan pengembangan Pariwisata berbasis Heritage dan Wisata Danau menjadi poin-poin krusial yang disepakati untuk dikuatkan kolaborasinya.

Dalam diskusi Pentahelix terungkap Dr. Ir. Praswasti PDK Wulan, M.T. seorang peneliti senior FTUI pada tahun 2018 telah memimpin Tim Peneliti dari FIB dan Fasilkom UI dalam prakarsa berbentuk program virtual tour guna meningkatkan daya tarik dari Heritage bangunan bersejarah yang ada di kawasan Depok Lama.

Hal ini semakin memperkuat konten bagi rencana pengembangan kawasan Heritage Depok Lama tersebut yang sebelumnya digarap Tim Prof Kemas Ridwan pakar Budaya dan Sejarah bangunan Arsitekstur FTUI dan Ir. Kahar Widyatama dari FKA Global.

Baca juga: Dubes Belanda kunjungi kawasan Depok Lama bahas wisata sejarah

Ada semangat bersama yang terbangun dari pertemuan tersebut yakni Inisiatif Kebangkitan dan Progresivitas Pembangunan bagi rumah bersama sebagian besar Sivitas Universitas Indonesia yang jadi tempat domisilinya yakni Kota Depok. 

Pewarta: Pewarta Antara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022