Rumah Sakit Siloam Lippo Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menambah fasilitas baru melalui pengadaan alat cathlab untuk mengantisipasi pasien serangan jantung sekaligus menjawab kebutuhan masyarakat untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan.

Direktur Rumah Sakit Siloam Lippo Cikarang dr Albert Limanto di Cikarang, Rabu, mengatakan pengadaan alat cathlab guna menjawab kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat di sekitar Kabupaten Bekasi sebagai tata laksana kasus serangan jantung secara cepat dan tepat.

"Sebagian besar masyarakat Kabupaten Bekasi lebih memilih layanan cathlab di Ibu Kota Jakarta sementara kasus serangan jantung merupakan kasus yang mematikan dan harus membutuhkan penanganan segera. Karenanya kami adakan cathlab ini sebagai peningkatan layanan agar warga merasakan manfaat alat ini," katanya.

Baca juga: Grup Siloam luncurkan layanan kesehatan terjangkau bertajuk Merdeka COVID-19

Dia mengatakan keterbatasan cathlab di Kabupaten Bekasi terutama di daerah Cikarang dan memicu tanggung jawab Siloam Hospitals Lippo Cikarang untuk menjawab kebutuhan tersebut mengingat penyakit jantung ini merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi dr Sri Enny Mainiarti mengapresiasi manajemen Siloam Hospitals Lippo Cikarang atas keberadaan fasilitas cathlab yang telah disediakan untuk membantu percepatan layanan dan kualitas kesehatan.

"Untuk saat ini tentu saja cathlab yang telah disediakan Siloam Hospitals Lippo Cikarang akan sangat membantu para pasien, bukan saja untuk pasien namun dapat pula digunakan untuk pasien kategori bedah saraf dan tulang. Saya memberikan apresiasi karena penanganan untuk masyarakat akan semakin cepat," katanya. 

Baca juga: Persiapan Kehamilan dan Persalinan di Era New Normal (Penyegaran Ilmiah Berkelanjutan Terkait Kebidanan)

Cathlab merupakan alat yang dapat menghasilkan gambaran pembuluh darah secara detil sekaligus melakukan tindakan intervensi. Prosedur ini membantu dokter secara akurat dalam tindakan terkait pembuluh darah di berbagai organ tubuh.

Cathlab paling umum digunakan untuk prosedur jantung seperti angiografi koroner dan pemasangan stent. Di samping itu, cathlab juga bisa dimanfaatkan oleh bidang lain seperti intervensi radiologi, saraf bedah, bedah tulang, dan lainnya.

Dokter Spesialis Konsultan Kardio dari Siloam Hospitals Lippo Cikarang dr Indra SM Manullang mengatakan alat cathlab turut digunakan untuk membantu tata laksana pada kasus-kasus selain jantung seperti aneurisma otak, malformasi arteriovenosa, batu empedu, juga nyeri tulang belakang.

Baca juga: Siloam Hospitals Palangkaraya Jumat, 24 Juli 2020,Webinar Kesehatan: Penanganan Awal Cedera Muskuloskeletal (Tulang, Sendi, Jaringan Lunak)

Dengan demikian masyarakat Kabupaten Bekasi tidak mengalami kesulitan atau kendala dalam mendapatkan layanan catlab. Pada jangka panjang semakin banyak tenaga ahli bergabung dengan Siloam Hospitals Lippo Cikarang untuk memberikan layanan kesehatan yang lebih komprehensif kepada seluruh masyarakat.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022