Bogor (Antara Megapolitan) - Presiden Joko Widodo meminta agar IPB kembali menyelenggarakan Festival Bunga dan Buah Nusantara (FBBN) di tahun depan dengan meningkatkan skalanya dari nasional menjadi berskala internasional.

"Hadirnya pembeli (importir) internasional di FBBN dengan skala lebih besar, sehingga mereka tahu kekuatan bunga dan buah nusantara kita miliki, kita bisa mempromosikan dan memperkenalkan kepada dunia kekuatan buah dan bunga kita," kata Presiden dalam acara Festival Bunga dan Buah Nusantara (FBBN) 2015 di Kampus IPB Baranangsiang, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu.

Presiden mengatakan, dirinya akan menginstruksikan kepada seluruh kedutaan untuk menghadirkan pembeli-pembeli dari internasional pada pelaksanaan FBBN yang lebih besar di tahun depan.

"Tanggung jawab penyelenggara adalah IPB, jangan sampai diganti," kata Presiden.

Presiden juga sangat mengapresiasi gerakan Revolusi Oranye yang diinisiasi oleh IPB melalui Festival Bunga dan Buah Nusantara. Gerakan tersebut telah dibicarakan dalam beberapa kali pertemuan antara dirinya dan Rektor IPB.

"Kita memang membutuhkan gerakan revolusi oranye untuk meningkatkan produksi dan kualitas bunga dan buah nusantara," katanya.

Rektor IPB Prof Herry Suhardiyanto, mengatakan, Festival Bunga dan Buah Nasional merupakan salah satu bagian dari gerakan Revolusi Oranye yakni memasyarakatkan bunga dan buah lokal agar produksinya lebih meningkat, serta dicintai oleh masyarakat dengan meningkatkan konsumsinya.

"Kami merancang program Festival Bunga dan Buah Nusantara agar dapat menggairahkan pertanian Indonesia khususnya untuk komoditas buah dan buah lokal," kata Herry.

FBBN merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh IPB dengan tujuan mendorong, memfasilitasi dan mengampanyekan pengembangan bunga dan buah nusantara melalui Revolusi Oranye meliputi revolusi kebijakan, infrastruktur, kepemimpinan dan pembinaan sumber daya manusia, inovasi dan teknologi, serta sistem pengusaha dan penetrasi pasar.

Berbagai kegiatan akan diselenggarakan pada FBBN 2015 yakni forum investasi dan bisnis buah dan bunga nusantara skala usaha kecil dan menengah, fruitpreneur got talent, ekspo, bursa bunga dan buah, kontes bunga dan buah jeruk serta mangga, karnaval, serta ikrar bunga dan buah nusantara yang diikuti 48 bupati.

FBBN 2015 mengangkat tema "Revolusi Pengembangan Bunga dan Buah Nusantara Skala Usaha Kecil dan Menengah untuk Kesejahteraan Bangsa Indonesia".

Rangkaian penyelenggaraan FBBN 2015 telah dimulai sejak Jumat (27/11) kemarin. Hari ini diisi dengan bazar dan expo bunga dan buah yang diikuti sejumlah kementerian, stakeholders dan pelaku usaha.

Presiden Joko Widodo berkesempatan hadir untuk menyaksikan FBBN didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal PDTT Marwan Jafar, Menteri BUMN Rini Soemarno, Kepala PTPN, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Bupati Bogor Nurhayanti, sejumlah Bupati lainnya.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015