Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, mengalihkan anggaran jaringan internet desa ke masing-masing pemerintah desa pada 2022.

Sekretaris Diskominfo Purwakarta Rudi Hartono di Purwakarta, Selasa, mengatakan pihaknya sudah melakukan sosialisasi mengenai pengalihan anggaran jaringan internet ke pemerintah desa.

"Sebelumnya anggarannya dikelola melalui Diskominfo, mulai tahun ini langsung dikelola oleh pemerintah desa, yakni melalui Dana Desa," katanya.

Ia menyampaikan pengalihan anggaran jaringan internet desa itu dilakukan sesuai dengan instruksi Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika.

Dalam instruksi itu disebutkan pada 2022 pengadaan internet desa anggarannya dialihkan ke Dana Desa di masing-masing desa.

Hal itu berkaitan dengan program Pemkab Purwakarta yang sebelumnya sudah memasang jaringan internet ke 105 desa sekitar Purwakarta melalui Diskominfo.

Dia menjelaskan program pengadaan jaringan internet itu penting karena dapat mendorong kemajuan semua bidang di desa, seperti pendidikan, perekonomian, pariwisata, pelayanan kepada masyarakat dan mendorong BUMDes dalam mempromosikan produk lokal menggunakan saluran e-commerce atau loka pasar.

"Pemkab Purwakarta sudah menjalankan digitalisasi jaringan pemerintahan e-government sebagai upaya meningkatkan pelayanan publik atas kepuasan kualitas jasa layanan, untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, meningkatkan keterlibatan dan kepercayaan publik serta meningkatkan kinerja pelayanan publik, berbagai sistem digitalisasi atau elektronik," kata Rudi. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022