Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mencatat capaian jumlah pelanggan di akhir 2021 yang mencapai 180.056 sambungan.

"Sampai dengan triwulan ketiga cakupan pelayanan berdasarkan wilayah administrasi mencapai 13,58 persen dari 40 Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Bogor," ungkap Direktur Umum Perumda Tirta Kahuripan, Abdul Somad di Cibinong, Bogor, Rabu.

Menurutnya, untuk mengaliri air bersih kepada para pelanggannya, perusahaan plat merah tersebut memiliki kapasitas air sebanyak 2.279 liter per detik. Pasokan air tersebut berasal dari berbagai sumber, seperti empat sumur bor sebanyak 26 liter per detik, 11 mata air sebanyak 728 liter per detik dan dari 14 sungai sebanyak 1.525 liter per detik.

Abdul Somad menyebutkan, untuk memenuhi tuntutan pelanggan, Tirta Kahuripan terus berinovasi di tahun 2021, salah satunya meluncurkan layanan pelanggan melalui pusat panggilan dengan nomor 1500-412 dan aplikasi "Si Cantik".

Aplikasi Si Cantik dapat digunakan pelanggan sebagai sarana informasi terkait tagihan rekening air, menyampaikan aduan, menjadi sumber informasi terkini tentang perbaikan yang sedang dilaksanakan oleh petugas, serta dapat melaporkan pembacaan meter air secara mandiri oleh pelanggan.

"Dengan inovasi tersebut diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk mendapatkan akses informasi terkait Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor," kata Abdul Somad.

Menurutnya, berbagai inovasi yang dijalankan Perumda Tirta Kahuripan selama 2021 telah menghasilkan beberapa penghargaan seperti “BUMD Air Minum Sehat dengan Cakupan Pelayanan Terbaik untuk Wilayah Kabupaten” dari Perpamsi ke-XIV, dan penghargaan "Capaian Terbaik Kinerja Keuangan, Operasional dan Tata Kelola Perusahaan yang Baik" dari BPKP Provinsi Jawa Barat.

Ia berharap, di tahun mendatang Tirta Kahuripan melangkah lebih baik sehingga dapat memberikan manfaat lebih kepada masyarakat Kabupaten Bogor.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021