Pemerintah Kabupaten Purwakarta meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Jawa Barat selama enam kali atau enam berturut-turut karena dinilai baik dalam mengelola keuangan daerah.

"Predikat ini diraih atas kerja sama semua pihak. Karena selama ini semua perangkat kerja, baik eksekutif maupun legislatif telah bekerja sesuai koridor dan aturan yang berlaku dalam pengelolaan keuangan daerah," kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, di Purwakarta, Jumat.

Menurut dia, piagam penghargaan tersebut diberikan atas keberhasilan Pemkab Purwakarta dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan dengan capaian opini WTP.

Baca juga: Bupati Purwakarta: Raihan WTP Hasil Kerja Keras


Dikatannya, penghargaan itu merupakan hasil dari kerja sama dari seluruh organisasi perangkat daerah atas laporan pengelolaan keuangan sesuai dengan aturan dan kaidah akutansi dan peraturan-peraturan yang berlaku.

"Semoga dengan didapatnya penghargaan ini, akan memotivasi kita untuk terus melakukan perbaikan dalam pengelolaan laporan keuangan," katanya.

Ia menyampaikan, Purwakarta dinilai sudah memenuhi kriteria sesuai standar akuntasi pemerintah dalam menyajikan laporan keuangan pemerintah daerah.

Baca juga: Bupati Purwakarta: Raihan WTP Hasil Kerja Keras


"Ke depannya Pemkab Purwakarta akan terus berupaya meningkatkan lagi pengelolaan keuangan. Jadi prinsipnya pengelolaan keuangan harus transparan dan tentunya prinsip akuntabel harus dipegang oleh seluruh pihak," kata dia.

Sementara sebelumnya, bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2021, Pemerintah Kabupaten Purwakarta untuk keenam kalinya, kembali menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Provinsi Jawa Barat.

Ambu Anne, panggilan karib Bupati Purwakarta, secara langsung menerima penyerahan secara langsung diberikan oleh Perwakilan BPK Provinsi Jawa Barat, di Bandung.

Baca juga: Kabupaten Purwakarta raih predikat zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi

"Hari ini saya menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2020. Alhamdulillah dari hasil LKPD ini, Purwakarta kembali memperoleh opini WTP yang keenam kalinya secara berturut-turut," demikian Anne Ratna Mustika.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021