Depok, (Antara Megapolitan) - Program National Character Building (NCB) yang menfokuskan kegiatan penerapan beberapa nilai dan prinsip hidup yang jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari akan mengantarkan Indonesia menjadi bangsa yang berbudaya tinggi, beradab, dan bermartabat.

"Nilai-nilai tersebut adalah spiritualisme, semangat nasionalisme dan patriotisme, kedisiplinan dan penghargaan yang tinggi terhadap waktu, mencintai kebersihan," kata Motivator dan TrainerNeuro Linguistic Programming (NLP) Azman Ridha Zain di Depok, Selasa.

Selain itu juga katanya dibutuhkan etos kerja yang tinggi, pelayanan terbaik, keramahtamahan dan menghargai orang lain, manajemen keteraturan serta sistem, organisasi dan manajemen kerja berbasis spiritual.

Penerapan kesembilan nilai dan prinsip hidup mulia tersebut diatas katanya dipandang menjadi sesuatu yang penting dan perlu diajarkan, disosialisasikan, dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di tengah rapuhnya mentalitas dan lemahnya tatanan hidup bernegara yang terjadi selama beberapa dekade ini.

NCB Program dalam berbagai kegiatannya berusaha mengedepankan semangat perubahan dan kebangkitan Indonesia baru, yang membebaskan ketidak merdekaan dan keterbelengguan yang ada dalam berbagai elemen bangsa.

Dari berbagai program yang ada katanya NCB Program saat ini mengawali kegiatannya pada pemberdayaan masyarakat dan pengembangan kader melalui jalur pendidikan dan pelatihan dalam bentuk pelatihan.

Diantara yang utama adalah National Character Building (NCB) Training, Pelatihan dan Sertifikasi Neuro Linguistic Programming (NLP), Training Motivasi dan lain sebagainya. Hingga kini katanya tercatat ada 17 jenis training yang saat ini sedang dikembangkan oleh NCB Program.

Selain terilhami oleh nilai dan karakter positif dari Bangsa Jepang, Konsep dan materi NCB Program yang dikembangkan juga dikombinasikan dengan berbagai sumber informasi, data dan pengalaman dari hasil kunjungan beliau ke lebih dari 11 negara saat mengemban tugas diplomasi perdagangan sebagai salah seorang pejabat muda di Ditjen Kerjasama Perdagangan Internasional, Kementerian Perdagangan.

Training NLP yang ditawarkannya tergolong unik, khas dan bisa jadi satu-satunya Training NLP yang mengkombinasikan berbagai jenis keilmuan dan wawasan dalam satu paket Training NLP.

Diantaranya adalah semangat, nuansa dan materi Character Building, nilai-nilai religi dan spiritual, holistis healing, serta esensi

materi Business Communication and Life Skills yang beliau pelajari selama dua bulan di New Delhi India awal tahun 2015 ini.

Setelah sebelumnya mengadakan Training sejenis yang diikuti oleh berbagai kalangan dari widyaiswara Kementerian Agama, Sekretariat Negara, dan utadz muda dari sekitar Jabodetabek, Training NLP berikutnya akan dibuka lebih luas kepada seluruh masyarakat yang tertarik dan berminat mengikuti Training NLP tersebut.

Training berikutnya direncanakan pada 28-29 November 2015, 1-2 Desember dan 18-20 Desember 2015. Keseluruhan Training tersebut akan diadakan di Depok, Jawa Barat. 

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015