Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat mengintegrasikan pelayanan pos binaan terpadu (posbindu) di sejumlah wilayah untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 varian baru, Omicron dan mengejar cakupan target vaksinasi.

"Integrasi posbindu diharapkan dapat memaksimalkan target percepatan vaksinasi, khususnya para lansia yang pada praktiknya cukup datang ke posbindu di lingkungan RT/RW setempat," kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika di Purwakarta, Jumat.

Pemkab Purwakarta akan terus menggerakkan percepatan vaksinasi agar tercapai sesuai target.

Baca juga: Bupati Purwakarta: Realisasi vaksinasi COVID-19 capai 68 persen
Baca juga: Pemkab Purwakarta terus kejar target vaksinasi COVID-19 warga lansia

Selain itu, penerapan protokol kesehatan kembali ditingkatkan dengan hal paling utama terkait dengan penggunaan masker oleh semua warga dalam aktivitas sehari-hari.

Ia menjelaskan pentingnya program pemerintah terkait dengan percepatan vaksinasi terlaksana dengan baik.

Ia mengungkapkan target untuk vaksinasi dosis satu tinggal 0,8 persen dari total 70 persen. Untuk vaksinasi lansia masih menyisakan lima persen.

Pada pekan ini, dia mengharapkan, sisa pencapaian target tersebut bisa direalisasikan.

Baca juga: Purwakarta antisipasi lonjakan kasus COVID-19 pada libur Natal dan Tahun Baru

"Kita akan terus mengejar target sampai minggu depan, semuanya tim bekerja luar biasa, kita tidak ada hari libur. Jadi satu minggu kita jalankan sampai malam kita jalankan 'door to door' (vaksinasi dari rumah ke rumah) untuk mencapai vaksinasi dosis satu 70 persen dan 60 persen vaksinasi lansia," katanya.

Ia menjelaskan jajaran Pemkab Purwakarta akan berupaya melakukan mitigasi dengan langkah-langkah dan upaya-upaya lainnya, termasuk memperketat penerapan prokes dalam setiap aktivitas warga.
 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021