Bogor, (Antara Megapolitan) - Kegiatan bersepeda santai atau "Funbike" dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang digelar Kepolisian Resor Bogor Kota, Jawa Barat, Minggu berlangsung meriah diikuti lebih dari 600 peserta.

Kegiatan bersepeda santai ini dipimpin Kapolres Bogor Kota AKBP Andi Herindra, didampingi Dandim 0606, dan Wakapolres. Rute sepeda menempuh jarak sejauh kurang lebih sembilan kilo meter, dengan titik keberangkat dimulai dari Makorwil Polres Bogor Jalan Kapten Muslihat.

"Kegiatan ini selain menjalin ajang silaturahmi juga mendorong hidup sehat, dan tapak tilas mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang memerdekakan negara kita dari penjajahhan," kata Kapolres Bogor Kota AKBP Andi Herindra.

Andi mengatakan, Kota Bogor merupakan etalase, segala kegiatannya terpantau luas oleh masyarakat ibu kota.

Makna hari pahlawan harus bisa melawan hawa nafsu dari perbuatan yang tidak terpuji. Seperti aksi tidak terpuji penyerangan terorisme di Paris perlu diwaspadai.

"Secara tidak langsung bangsa kita dijajah tapi bedanya tidak terlihat. Buktinya, masih banyak anak-anak tawuran, penyalahgunaan narkoba walu setiap hari polisi sudah melalukan tindakan hukum, tapi tetap saja terjadi," kata Andi.

Andi menyebutkan, Polisi tidak bisa bekerja sendiri, butuh kerja sama dengan masyarakat agar Kota Bogor tertib dan nyaman dengan membantu tugas-tugas polisi dengan mengamankan dirinya masing-masing terhindar dari perbuatan tidak terpuji.

"Era sekarang kita harus bisa melawan hawa nafsu supaya tidak terjerumus, musuh kita tidak tampak, tapi sekarang ramai tawuran dan peredaran narkoba. Jika masing-masing kita bisa melawan hawa nafsu supaya tidak larut dalam arus globalisasi," kata Andi.

Kegiatan sepeda santai Hari Pahlawan yang diselenggarakan Polres Bogor Kota berlangsung unik. Para peserta menggelar tabur bunga dan mengheningkan cipta di Taman Makam Pahlawan Dreden. Lalu dilanjut dengan pembacaan ikrar di Museum Peta.

Peserta sepeda santai Hari Pahlawan diikuti sejumlah komunitas mulai dari komunitas ontel, komunitas Gowel Bogor, komunitas sepeda dari wilayah Cibinong dan anggota Polri serta TNI.

Kegiatan ditutup dengan hiburan yang seperti permainan tebak-tebakan, atau peserta yang memakai batu akik terbanyak, kostum pahlawan menarik, nama tersingkat, dan pemakai kaos kaki bolong terbanyak.

Para peserta begitu antusias mengikti sepeda santai Hari Pahlawan bahkan salah satu peserta ada yang berusia 86 tahun.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015