Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyebutkan capaian vaksinasi COVID-19 di daerahnya 68 persen dan khusus vaksinasi lansia mencapai 52 persen.

"Kita masih mengejar target vaksinasi COVID-19," kata bupati saat menerima kunjungan kerja Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana, di Purwakarta, Selasa.

Menurutnya, cakupan vaksinasi bagi warga lansia agak melambat. Banyak faktor yang mempengaruhi, seperti tidak semua lansia bisa datang ke lokasi vaksinasi serta adanya penyakit penyerta seperti tensi tinggi dan gula darah tinggi.

"Meski banyak faktor menjadi kendala, namun kami Pemkab Purwakarta bersama TNI dan Polri optimistis pada akhir Desember 2021, target sudah tercapai," ucapnya.

Baca juga: Pemkab Purwakarta terus kejar target vaksinasi COVID-19 warga lansia

Ia mengatakan, vaksinasi khusus lansia dan dosis satu pihaknya akan mengejar untuk target vaksinasi lansia sekitar 8 persen lagi, yang tadinya target 50 persen kumulatif, kini menjadi target 60 persen.

Menurut dia, upaya seperti door to door atau mendatangi rumah warga yang menjadi sasaran vaksinasi diharapkan bisa mempercepat capaian vaksinasi di daerahnya.

"Untuk mencapai target, kita kejar terus door to door sampai malam oleh nakes kita," kata bupati.

Baca juga: Bupati Purwakarta: Hari Kesehatan Nasional jadi momentum percepatan vaksinasi

Anne juga menyampaikan, program-program yang digagas oleh Jajaran Polda Jawa Barat, Polres Purwakarta, TNI bersama Pemerintah Kabupaten Purwakarta diharapkan dapat terus bersinergi dan lebih baik lagi untuk memberikan pelayanan yang prima bagi masyarakat.

Sementara Kapolda Jabar, Irjen Pol Suntana dalam mengungkapkan, capaian vaksinasi Covid-19 di Jawa Barat sudah mencapai 68 persen. Meski demikian, masyarakat diminta tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Alhamdulillah, tingkat vaksinasi kita di Jabar sudah memasuki 68 persen, sehingga Jawa Barat tinggal 1,3 persen yang belum tervaksin dari target 70 persen, yang kita kejar di akhir tahun ini," katanya.

Baca juga: Purwakarta lakukan percepatan vaksinasi lansia

Ia menyebut, jika cakupan vaksinasi pada akhir tahun 2021 ini bisa memenuhi target, pemerintah tetap bakal melakukan vaksinasi terus.

"Semoga pekan ini, Jawa Barat mencapai 70 persen, sebagai mana arahan Presiden RI," katanya. (KR-MAK)

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021