Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono mengingatkan seluruh warga untuk jangan lengah menghadap COVID-19 karena saat ini adanya varian baru COVID-19 yaitu B.1.1.529 atau Omicron. 

"Kita jangan lengah, jangan menganggap ini enggak ada kasusnya," ujarnya di Kota Depok, Senin. 

Imam juga mengingatkan warga untuk tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19 melalui 6M yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama.

Dia juga mengajak masyarakat mengikuti vaksinasi untuk membantu meringankan efek yang dirasakan warga akibat terpapar Covid-19.

"Siapa belum divaksinasi segera vaksin kerena vaksin salah satu yang melemahkan terjadinya penularan," katanya.

Dinas Kesehatan Kota Depok juga mengingatkan seluruh warga untuk mewaspadai adanya varian B.1.1.529 atau Omicron, dengan terus mematuhi protokol kesehatan secara ketat saat melakukan aktivitas di luar rumah.

Kepala Dinkes Kota Depok Mary Liziawati mengatakan varian tersebut saat ini belum ada di Kota Depok namun antisipasi tetap harus dilakukan.

"Kasus varian ini belum masuk ke Indonesia namun dengan mematuhi prokes secara ketat merupakan bagian dari pencegahan yang paling efektif," ujarnya. 

Mary menuturkan Dinas Kesehatan belum memberikan instruksi ke rumah sakit di Kota Depok untuk meningkatkan kewaspadaan karena masih menunggu arahan dari pemerintah pusat terkait hal-hal yang harus dilakukan.

Baca juga: Ini kiat atasi kecemasan hadapi Omicron
Baca juga: WHO: sejauh ini belum ada laporan kematian akibat COVID-19 Omicron

 

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021