Karawang, 21/5 (ANTARA) - Bupati Karawang Ade Swara menyebutkan Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, kini baru bebas setelah pemerintah daerah setempat menyelesaikan pembangunan infrastruktur berupa pembangunan dua jembatan dan jalan di daerah tersebut.

"Desa Sedari kini telah 'bebas'. Artinya tidak terisolir lagi, dan kebutuhan dasar masyarakat kini telah terpenuhi. Jadi istilahnya, masyarakat kini boleh membeli mobil karena jalan dan jembatan di Desa Sedari sudah bagus dan bisa dilalui," kata bupati, di Karawang, Minggu.

Desa Sedari merupakan sebuah desa di pesisir utara Karawang yang hampir terisolir di Karawang. Sebab sejak beberapa puluh tahun terakhir akses jalan darat menuju desa itu putus setelah jalan raya di daerah tersebut seringkali diterjang abrasi laut, sampai akhirnya jalannya terkikis.

Bupati menilai, selama puluhan tahun, Desa Sedari hampir tidak pernah tersentuh pembangunan, baik oleh pembangunan di tingkat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang, Pemerintah Provinsi Jawa Barat maupun di tingkat pemerintah pusat.

Ia berharap dengan dibangunnya dua jembatan itu, nantinya mampu menjadi penghubung antara Dusun Telarsari dengan dusun lainnya di Desa Sedari maupun dengan desa lainnya se-Kecamatan Cibuaya.

Tetapi yang paling penting, kata dia, dibangunnya dua jembatan itu bisa menjadi prasarana pendukung terjadinya pertumbuhan ekonomi bagi lingkungan sekitar, sehingga bisa kontribusi positif terhadap peningkatan pendapatan masyarakat, pendapatan asli desa serta kesejahteraan masyarakat.

Kepala Desa Sedari, Rosmilah, yakin adanya pembangunan jembatan dan jalan di daerahnya bisa meningkatkan perekonomian keluarga. Sebab dengan infratruktur yang baik arus transportasi akan lancar dan juga akan memberikan peningkatan pendapatan bagi keluarga.
 


Ali K

Pewarta:

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012