Bekasi, (Antara Megapolitan) - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi segera mengevaluasi penyelenggaraan hari bebas kendaraan atau "car free day" menyusul adanya penghentian operasional program tersebut.

"Saya dengar ada car free day (CFD) yang tidak aktif di Kota Bekasi. Kita akan evaluasi kendalanya," katanya di Bekasi, Senin.

Lokasi CFD yang dimaksud berlokasi di Perumahan Grand Galaxy Park, Kecamatan Bekasi Selatan yang sejak Januari 2015 lalu tidak beroperasi.

Pantauan Antara di lokasi melaporkan CFD yang biasa digelar di Jalan Boulevard Grand Galaxy Park setiap Minggu mulai pukul 06.00-09.00 WIB nampak berjalan normal.

Sejumlah kendaraan seperti motor bahkan mobil dengan bebas melintasi di jalan tersebut mulai dari pintu gerbang utama hingga Grand Galaxy Park (GGP).

Sejumlah petugas Dinas Perhubungan dan Satuan Lalu Lintas Polsek Bekasi Selatan yang biasanya mengawasi jalannya CFD, kali ini tidak nampak di lokasi.

Menurut Rahmat, hal demikian tidak seharusnya terjadi mengingat penyelanggaraan CFD telah melalui mekanisme keputusan wali kota yang wajib dijalankan oleh aparatur di lapangan.

"Harus dievaluasi lagi kalau memang benar program CFD Galaxy tidak berjalan," katanya.

Menurut dia, sesuai dengan keputusan wali kota ada tiga titik lokasi penyelenggaraan CFD di Kota Bekasi, di antaranya Jalan Ahmad Yani, Jalan Boulevard Harapan Indah, dan Grand Galaxy City.

Rahmat menambahkan, agenda evaluasi kegiatan CFD nanti juga akan membahas tentang penambahan satu titik baru lagi CFD di Jalan Jatiwaringin, Pondokgede.

"Jalurnya mulai dari kantor kecamatan menyusuri Jalan Jatiwaringin," katanya.

Menurut Rahmat, seharusnya CFD di lokasi itu sudah berjalan pada 2015, namun terganjal perencanaan yang tidak matang.

"Kita akan bahas lagi kajian lalu lintasnya seperti apa dan mekanismenya bagaimana bersama dengan pihak terkait," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015