Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor Atang Trisnanto memandang gedung tempatnya berkantor itu kini benar-benar semakin tampak sebagai rumah rakyat. 
 
Atang menyebutkan sepanjang tahun 2021 ini ada 26 organisasi masyarakat (ormas), Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP), ataupun organisasi kemasyarakatan lain yang sudah berkegiatan di Gedung DPRD, katanya kepada Antara di Kota Bogor, Selasa. 
 
Baru-baru ini salah satu organisasi masyarakat, Gerakan Masyarakat Kota Bogor (GMKB) menggelar musyawarah besar dan pelantikan pengurus GMKB periode 2021-2025 di Ruang Serbaguna Gedung DPRD Kota Bogor yang memberi amanat kembali kepada Raden Ridho sebagai ketua organisasi tersebut. 
 
Selain itu ada lebih dari 90 kegiatan masyarakat yang memanfaatkan ruangan atau fasilitas publik gedung DPRD Kota Bogor. 
 
"Hal ini sejalan dengan semangat kami agar gedung DPRD ini menjadi rumah rakyat, yang bisa didatangi dengan mudah, yang bisa digunakan untuk kegiatan positif dan bermanfaat. Bukan menjadi gedung yang sulit dijamah ataupun tertutup bagi masyarakat," kata Atang.   
 
Selain kegiatan-kegiatan tersebut, kata Atang, banyak penerimaan audiensi dari berbagai elemen masyarakat yang dilakukan oleh pimpinan, komisi, badan, ataupun fraksi. 
 
"Awalnya kami khawatir karena gedung baru bertingkat empat dan berpagar, akan berjarak dengan masyarakat," kata Atang. 
 
Menurut Atang, kondisi ini menunjukkan komitmen anggota dewan di Kota Bogor bahwa Gedung DPRD adalah rumah rakyat. 
 
"Ini sama dengan semangat kami saat pertama kali dilantik," ujarnya.
 
Gedung DPRD Kota Bogor berada di Jalan Pemuda, Kecamatan Tanah Sareal, sebelumnya berada di Jalan Kapten Muslihat, Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah. Gedung lama kini sedang direnovasi menjadi Galeri dan Perpustakaan Modern Kota Bogor.   
 
Gedung DPRD Kota Bogor yang baru ini berlantai lima. Di lantai 1 terdapat ruang lobby, bagian persidangan dan perundang-undangan, bagian perencanaan dan keuangan, bagian fasilitasi penganggaran, pengawasan dan kehumasan, dan ruang serbaguna.
 
Kemudian di lantai 2 ada ruang Ketua DPRD beserta tiga Wakil Ketua, Sekretaris DPRD, Bagian Umum, dan Perpustakaan. Di lantai 3 ada ruang anggota DPRD dan Fraksi. 
 
Pada lantai 4 terdapat ruang rapat paripurna, ruang rapat komisi, ruang tunggu OPD dan ruang konferensi pers, sedangkan di lantai 5 terdapat ruang rapat Badan Musyawarah, ruang rapat Badan Anggaran, ruang rapat Badan Pembentukan Perda, ruang rapat Badan Kehormatan, ruang tunggu Muspida, dan balkon ruang rapat Paripurna.

Baca juga: DPRD petakan empat kendala soal pembangunan infrastruktur Kota Bogor
Baca juga: DPRD Kota Bogor minta Pansel kaji ulang seleksi calon Dirut PDJT
 

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021