Operasi Zebra Lodaya 2021 yang digelar mulai tanggal 15-28 November oleh Polres Sukabumi lebih mengedepankan upaya preventif atau pencegahan tindak pelanggaran terhadap aturan berlalu lintas.

"Tidak ada razia atau penilangan pada Operasi Zebra tahun ini, kami lebih mengedepankan edukasi kepada para pengguna kendaraan tentang aturan berlalu lintas," kata Kasatlantas Polres Sukabumi AKP Bagus Yudo di Sukabumi, Senin.

Menurut Bagus, dalam kegiatan ini lebih mengutamakan upaya preventif atau pencegahan agar masyarakat bisa lebih patuh terhadap aturan dalam berlalu lintas demi keselamatan saat berkendaraan di manapun berada.

Ia mengimbau kepada pengguna kendaraan agar setiap berkendaraan selalu membawa SIM, STNK dan menggunakan alat keselamatan baik itu helm bagi pengguna sepeda motor dan sabuk keselamatan bagi penggunaan kedaraan roda empat atau lebih.

Selain itu, di masa pandemi COVID-19 masyarakat khususnya pengguna kendaraan untuk tetap mematuhi aturan protokol kesehatan yakni menggunakan masker, menjaga kebersihan dan jarak, karena jalanan merupakan salah satu lokasi rawan penyebaran virus mematikan ini.

"Kita lebih mengutamakan preventif di mana targetnya adalah masyarakat bisa lebih patuh dan taat kepada peraturan lalu lintas bukan takut kepada petugas karena takut ditilang. Namun, sanksi tilang akan tetap diberlakukan kepada para pelanggar lalu lintas yang berkendaraanya berpotensi menyebabkan kecelakaan," katanya. 

Bagus mengatakan pada Operasi Zebra dalam pelaksanaanya tidak hanya dari Satlantas Polres Sukabumi saja tetapi melibatkan petugas dinas perhubungan, TNI dan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sukabumi.

Kemudian, tidak hanya sebatas mengadakan kegiatan operasi di jalan raya, pihaknya juga melaksanakan pembagian bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 seperti pemberian santunan dan lainnya..

Adapun target operasi lebih banyak kepada masyarakat berupa bentuk simpatik seperti penggunaan masker, terutama pembagian sedekah kepada masyarakat yang kurang mampu. 

"Untuk masyarakat jangan takut karena kita sedang melaksanakan Operasi zebra, tetap selalu waspada dalam berkendaraan dan juga selalu menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan lain-lain untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19," katanya.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021