Lembaga kemanusiaan nasional dan global Human Initiative bersama MERCY Malaysia mendukung pemerintah Indonesia dalam menangani krisis kesehatan dengan menyediakan PCR Kit COVID-19 bagi masyarakat Jakarta.

"Itulah sebabnya Human Initiative bersama MERCY Malaysia, sebuah organisasi kemanusiaan internasional, telah berpartisipasi membantu masyarakat Jakarta," ujar VP Operations Human Initiative Andjar Radite dalam keterangan tertulis yang diterima di Kota Depok, Jumat.

Dalam mengatasi pandemi, tes massal menjadi salah satu strategi untuk menekan angka penularan COVID-19. Saat ini, metode yang dianggap memiliki tingkat akurasi tertinggi untuk mendeteksi COVID-19 adalah tes polymerase chain reaction (PCR).

Andjar menyampaikan, sebagai bagian dari kerja sama, Human Initiative dan MERCY Malaysia mengoptimalkan tiga laboratorium keliling milik "NAMA Foundation" yang dihibahkan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di beberapa rumah sakit umum daerah di Jakarta.

Baca juga: Human Initiative-Centratama bantu tabung oksigen dan APD untuk petugas pemakaman

Bantuan kit PCR tersebut, disalurkan sejak awal Agustus 2021. Acara serah terima alat PCR secara simbolis dilaksanakan pada 6 Agustus 2021 di Laboratorium Kesehatan, Jakarta Pusat.

Acara tersebut dihadiri oleh VP Operations Human Initiative  Andjar Radite, Kepala Laboratorium Kesehatan Jakarta Dr. Erizon Safari, Tim Proyek Human Initiative, Dokter, Staf Laboratorium Kesehatan Jakarta, dan perwakilan MERCY Malaysia.

Andjar menekankan kolaborasi penting dalam menjawab kendala yang ada yang mungkin dihadapi Pemprov DKI Jakarta dalam penanganan kasus COVID-19.

Ia menyampaikan harapannya bahwa, kerja sama ini akan memperkuat aksi kemanusiaan bersama untuk mengatasi keterbatasan yang ada.

Sementara itu, Kepala Laboratorium Kesehatan Jakarta Dr Erizon Safar menyampaikan apresiasi  khususnya kepada MERCY Malaysia dan Human Initiative, yang telah menyediakan "Tool Kit PCR" untuk tiga mobile lab, yang membantu mempercepat penemuan kasus dan pengendalian wabah COVID-19 di Jakarta.

"PCR Test akan dioperasikan di bawah kendali dan pengawasan Laboratorium Kesehatan Jakarta," kata Dr. Erizon.

Baca juga: Human Initiative berikan beasiswa bagi anak yatim akibat pandemi COVID-19

Acara tersebut juga diikuti secara virtual melalui Zoom dari Malaysia.

Presiden MERCY Malaysia Prof. Dato’ Dr. Ahmad Faizal Mohd Perdaus mengatakan, pandemi COVID-19 telah memberikan beban besar pada sistem kesehatan dan medis secara global.

"MERCY Malaysia berkomitmen untuk memberikan dukungan kepada mitra internasional kami, dengan memanfaatkan keahlian interdisipliner kami dalam bantuan medis kemanusiaan.” ucap Presiden MERCY Malaysia Prof. Dato’ Dr. Ahmad Faizal Mohd Perdaus.

Lebih lanjut ia mengatakan, mobilisasi tiga lab keliling di beberapa rumah sakit umum di Jakarta Pusat berfungsi sebagai inisiatif mitigasi risiko infeksi COVID-19 dan secara tidak langsung membantu menekan angka kematian di Indonesia.

“Sementara MERCY Malaysia telah proaktif dalam membantu upaya bantuan COVID-19 di Malaysia, memberikan bantuan ke Indonesia menggarisbawahi komitmen dan dukungan berkelanjutan untuk bekerja bersama mitra internasional dalam melayani masyarakat rentan dalam pengurangan risiko. Dalam menghadapi pandemi global, kita harus berdiri bersama lebih dari sebelumnya.” ujarnya.

Baca juga: Human Initiative, Debellin dan Debaby salurkan tisu basah untuk anak Indonesia
Baca juga: Jasa Raharja bersama Human Initiative salurkan 225 paket untuk "traffic hero"

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021