Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyatakan eksistensi Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) perlu dipertahankan di tengah masyarakat sebagai pemberi manfaat, saran, hingga masukan dalam bermasyarakat, maupun bagi pemerintah melaksanakan roda pemerintahan dan pembangunan.

"PWRI adalah rumah idaman kita, tempat bernaung, dan beramal di hari tua," kata Bupati saat membuka Musyawarah Kabupaten (Muskab) PWRI Kabupaten Purwakarta tahun 2021 di Bale Kahuripan Situ Wanayasa, Purwakarta, Senin.

Ambu Anne, panggilan akrab Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, PWRI merupakan wadah para purnabakti memberikan ruang gerak untuk tetap mengabdi kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

Baca juga: Bupati Purwakarta: Parpol mitra penting pemerintah

"Sekaligus menyumbangkan pikiran dan pengalaman dalam kedinasan sehingga bermanfaat bagi masyarakat," katanya.

Menurut Bupati, Muskab PWRI ini menjadi mekanisme kelembagaan untuk memastikan roda organisasi terus bergerak ke depan sesuai kondisi zaman, tetap berlandaskan doktrin dan kode etik PWRI.

Selain sebagai organisasi yang menghimpun purnatugas perangkat pemerintahan, PWRI juga menjadi wadah untuk mempererat kesatuan, persatuan dan solidaritas wredatama serta alat pemersatu bangsa.

"PWRI ini beranggotakan sumber daya manusia yang tertempa oleh berbagai peristiwa dan telah mengarungi dinamika pemerintahan yang ada," kata Ambu Anne.

Baca juga: Pemkab Purwakarta peringati Hari Santri Nasional

Menurut Bupati, ada hal yang menjadi milik PWRI tetapi belum dimiliki oleh lembaga lain yaitu pengalaman menjalani sejarah.

Dengan latar belakang ini, katanya, PWRI menjadi penuntun bagi para penerus tugas pengabdian kepada bangsa dan negara.

Bupati juga menyampaikan terima kasih terhadap eksistensi PWRI yang sampai sekarang masih ada di tengah masyarakat.

Ia berharap PWRI dapat dijaga dan dipertahankan supaya tetap berkembang dan memberikan manfaat bagi anggotanya serta mampu berperan dalam memberikan saran dan masukan bagi pemerintah daerah dalam melaksanakan roda pemerintahan dan program pembangunan.

Baca juga: Pemerintah Kabupaten Purwakarta miliki aset tanah sebanyak 1.258 bidang

"Usaha dan upaya yang kongkret sangat diperlukan dalam mewujudkan cita-cita yang diharapkan oleh anggotanya," katanya.

Oleh sebab itu, dalam Muskab ini semoga kepengurusan baru yang terpilih dapat mengemban amanah yang besar, didukung oleh seluruh anggota dan pemerintah akan senantiasa mendorong berdasarkan asas tut wuri handayani.

Pewarta: Budi Setiawanto

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021