Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat mengajak pihak perusahaan ikut menanam pohon untuk memenuhi sejumlah ruang terbuka hijau di wilayah itu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang Wawan Setiawan di Karawang, Jumat, mengatakan hingga saat ini masih dibutuhkan ribuan pohon untuk ditanam di sejumlah ruang terbuka hijau (RTH) di Karawang.

Menurut dia, bantuan perusahaan melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility) dibutuhkan dalam kegiatan penanaman pohon.

Baca juga: Sisi Citarum wilayah Karawang ditanami ribuan bambu

Hal tersebut disampaikan karena saat ini minat perusahaan mengeluarkan CSR untuk berpartisipasi menanam pohon masih minim.

"Kebanyakan CSR perusahaan fokus untuk pendidikan dan kesehatan. Kalau lingkungan masih sedikit makanya kita alokasikan melalui APBD," katanya.

Jika dibandingkan dengan jumlah 15 ribu perusahaan di Karawang, menurut dia, perusahaan yang aktif menanam pohon hanya puluhan.

Baca juga: Wagub Jabar Ajak Masyarakat Tanam Bambu

"Jadi masih sedikit perusahaan yang aktif membantu menanam pohon," katanya.

Ia mengatakan Karawang memiliki 69 persen RTH dari yang ditentukan undang-undang, yakni 30 persen dari total luas wilayah.

Saat ini, memasuki musim hujan, Pemkab Karawang mencanangkan penanaman pohon di sejumlah kecamatan. Hal itu menjadi bagian dari upaya penghijauan di sejumlah RTH.

Baca juga: Pemkab Karawang Wajibkan Kantor Dinas Tanam Pohon

"Akhir tahun ini kita sudah siapkan 15 ribu pohon yang berasal dari bantuan perusahaan dan APBD," katanya. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021