Polres Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menyiagakan 1.250 personel gabungan untuk mengamankan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 170 desa di Kabupaten Purwakarta pada 16 Oktober 2021.

"Polri bersinergi dengan jajaran TNI dan unsur Pemkab Purwakarta dalam pengamanan Pilkades serentak," kata Kapolres Purwakarta AKBP Suhardi Hery Haryanto di Purwakarta, Selasa.

Sebanyak 1.250 personel gabungan sudah disiapkan untuk pengamanan Pilkades serentak itu, terdiri atas personel Polri, TNI, Dishub dan Satpol PP Purwakarta. 

Baca juga: 574 calon kepala desa di Purwakarta deklarasi damai siap menang siap kalah

Selain itu, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Polda Jabar untuk memperkuat pengamanan Pilkades serentak agar berjalan dengan aman dan damai.

Menurut dia, upaya-upaya pencegahan terhadap potensi konflik selama tahapan hingga pelaksanaan Pilkades telah dilakukan. Termasuk memetakan daerah-daerah rawan konflik. 

"Saling mendukung dan menjaga suasana kondusif di antara seluruh pihak yang terlibat, itu menjadi kunci keamanan pelaksanaan Pilkades," katanya.

Pilkades serentak di Purwakarta itu sendiri akan berlangsung di 170 desa yang tersebar di 17 kecamatan Purwakarta. 

Baca juga: Purwakarta rampungkan pengaspalan dan beton jalan 13,5 km saat pandemi

Pemungutan suara atau hari pencoblosan Pilkades serentak akan digelar pada 16 Oktober 2021 di 1.172 tempat pemungutan suara. 

Calon kepala desa di 170 desa itu jumlahnya mencapai 574 orang.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyampaikan, Pilkades serentak yang digelar di masa pandemi COVID-19 akan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. 

"Kita jangan hanya berfokus pada pencegahan konflik dan sengketa Pilkades semata, tetapi juga harus mengedepankan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Sehingga segala potensi penyebaran pandemi Covid-19 bisa diminimalisir," katanya. 

Baca juga: Purwakarta akan bangun rumah batik dorong terciptanya dunia wirausaha batik

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021