Satu warga Kampung Palasari, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang dikabarkan tenggelam di Situ Batu Karut, Desa Pasirhalang Kecamatan Sukaraja pada Minggu 3 Oktiber 2021, akhirnya ditemukan.

Setelah 2 hari pencarian korban tenggelam di Situ Batu Karut atas nama Ramdan Ridwansyah 18 thn, warga Palasari Desa Selaawi rt 04 rw 06 Kecamatan Sukaraja, khirnya Tim SAR gabungan  berhasil menemukan korban tersebut, dengan keadaan meninggal dunia sekitar pukul 12:05 WIB, Senin 4 Oktober 2021.

Saat pencarian hari ke kedua ketua PMI Kabupaten Sukabumi dokter Hondo Suwito dirinya turun langsung ke Situ Batu Karut untuk melakukan pencarian dengan menggunakan pelampung langsung turun kedalam air, tanpa alat penyelam.

Baca juga: PMI Sukabumi gandeng komunitas Punk dan anak jalanan kampanyekan pencegahan COVID-19

Setelah itu kemudian tim kembali di tarik ke darat untuk beristirahat, kemudian tim kembali melakukan pencarian. Ada seorang warga yang menggunakan pancingan untuk membantu pencarian tiba tiba pancingannya terkait oleh sesuatu dan warga tersebut menyangka tersangkut oleh sampah di dasar situ tersebut.

Setelah itu kemudian Ketua PMI Kabupaten Sukabumu dr. Hondo Suwito tanpa alat bantu selam dirinya melakukan penyelaman di tempat dimana warga pancingnya tersangkut.

Baca juga: PMI salurkan paket bantuan untuk pasien COVID-19 di Sukabumi

Akhirnya dr. Hondo dapat menemukan posisi korban di kedalaman kira-kira 5 meter dari permukaan air dan kemudian penyelaman lebih lanjut oleh dua orang penyelam dari Basarnas untuk dilakukan evakuasi.

Kepala Kantor SAR Basarnas Sukabumi Suyro Adianto mengatakan, Tim SAR gabungan berhasil menemukan korban tersebut pada radius 7 meter dari lokasi kejadian di kedalaman kurang lebih 5 meter, selanjutnya korban di bawa ke Puskesmas Sukaraja dengan menggunakan ambulan dari PMI dan dari desa untuk dilakukan pengecekan kemudian korban dibawa ke rumah duka untuk disemayamkan.

Baca juga: PMI Sukabumi finalisasi SOP penanganan dan kesiapsiagaan gempa bumi

Ketua PMI Kabupaten Sukabumi juga menambahkan dalam peroses pencarian ini PMI melibatkan seluruh personilnya dari mulai saya sendiri Ketua PMI, Kepala Markas, staf, hingga Relawan PMI dan alhamdulillah kami juga dibantu oleh PMI Kota Sukabumi.

Selanjutnya setelah itu dilakukan penutupan pencarian korban di lokasi tempat kejadian dan di kantor PMI Kabupaten Sukabumi.

Pewarta: PMI/Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021