Cirebon (Antara Megapolitan) - Nelayan Desa Cangkol, Kota Cirebon, Jawa Barat, membuka wisata pemancingan di laut perairan Cirebon, yakni di lokasi rumpon yang mereka sebar sebagai pengganti terumbu karang.

"Dengan adanya rumpon dasar, sekarang nelayan telah membuka wisata memancing di area tersebut," kata Ketua Himpunan Nelayan Cangkol tengah Suparman, Jumat.

Ia menuturkan, dengan dibukanya wisata pemancingan area rumpon buatan pengganti terumbu karang, maka pemancing akan merasakan sensasi dari tarikan ikan yang terus menerus.

"Kami telah membuka wisata pemancingan sekitar setahun lalu dan hasilnya lumayan, banyak para pemancing datang dari luar kota yang datang untuk memancing," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Himpunan Nelayan Cangkol Tengah, Mulyadi, mengatakan, dengan adanya wisata mancing ini para nelayan mendapatkan pemasukan lumayan besar. Sebab setiap satu kali mengantar pemancing, nelayan mendapatkan Rp1 juta dari sewa perahu.

"Kami menyewakan perahu dan sekaligus area rumpon yang kami sebar dengan tarif sebesar Rp1 juta untuk sekali berangkat," katanya.

Ia mengatakan para pemancing umumnya dari luar kota seperti Bandung, Jakarta dan bahkan ada yang dari Papua, tambahnya.

"Inilah bukti bahwa dengan tetap melestarikan alam dan tidak menggunakan alat tangkap yang bisa merusak biota laut," ujarnya. 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : M.Ali Khumaini


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015