Bandung (Antara Megapolitan) - Kebakaran hutan di Gunung Papandayan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, meluas hingga mendekati daerah perbatasan Kabupaten Bandung. 

"Kebakaran hutan di Papandayan masih menyala, bahkan meluas ke daerah Pamulihan, jarak ke permukiman dari titik api 5 km," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Dadi Zakaria, Selasa. 

Berdasarkan laporan dari lokasi kejadian, kebakaran meluas ke Pondok Sero dan Pondok Saladah perbatasan Kecamatan Kertasari dan Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Petugas gabungan dibantu sukarelawan masyarakat, terus berupaya melakukan pemadaman untuk meminimalisir meluasnya kebakaran hutan.

"Pemadaman melibatkan banyak orang, tidak bisa disebutkan satu persatu, keadaan sekarang saya katakan masih menyala, karena namanya kebakaran hutan itu pasti masih ada baranya," katanya.

Ia menyampaikan, BPBD Garut telah melaporkan kepada BPBD Provinsi Jabar terkait kebakaran hutan di lahan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) itu.

Pihaknya telah mengusulkan bantuan kepada BPBD Jabar untuk selanjutnya merekomendasikan bantuan kembali ke BNPB untuk penanganan bencana kebakaran hutan tersebut.

"Kebakaran hutan ini merupakan bencana alam, upaya penanggulangannya selain oleh pemerintah, masyarakat dan seluruh elemen juga harus ikut membantu," katanya. 

Kebakaran hutan di Gunung Papandayan itu awalnya diketahui, Minggu (6/9), hingga sekarang, kobaran api masih membakar tanaman hutan. 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : M.Ali Khumaini


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015