Jakarta (Antara Megapoltan) - Jakarta menjadi maskot perbelanjaan terkemuka di kawasan Asia karena memiliki lebih dari 86 mal atau pusat perbelanjaan dan 1.257 tempat hiburan dan rekreasi.

"Jakarta juga telah menjadi salah satu daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta Purba Hutapea, di Jakarta, Rabu.

Arus wisatawan ke Jakarta tumbuh pesat dari tahun ke tahun. Pada 2014, wisatawan domestik ke Jakarta mencapai lebih dari 31 juta orang dan wisman sebanyak 2,3 juta orang.

"Rata-rata pertumbuhan arus wisatawan ke Jakarta sekitar 7-10 persen per tahun," tambah Purba.

Untuk terus meningkatkan kunjungan turis ke Jakarta, diselenggarakan Jakarta Tourism Expo (JTE) yang akan melibatkan para pemangku kepentingan industri pariwisata Jakarta dan biro perjalanan lokal. Kegiatan ini telah dilaksanakan sejak 2008.

Pada tahun ini, promosi JTE akan dilaksanakan di lima kota yaitu Medan, Makassar, Pontianak, Surabaya, dan Balikpapan.

Acara JTE 2015 di Medan melibatkan hingga 30 industri pariwisata dari Jakarta dan 6 biro perjalanan wisata lokal, termasuk di dalamnya adalah maskapai penerbangan Sriwijaya Air dan Citilink, pengelola hotel Jakarta bintang 2 sampai 5, perusahaan biro perjalanan wisata Jakarta.

Juga hadir pengelola objek-objek wisata menarik di Jakarta, seperti Kidzania, Taman Margasatwa Ragunan, UKM, Pusat Perbelanjaan Tanah Abang, Thamrin City. 

Pewarta: Adi Lazuardi

Editor : M.Ali Khumaini


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015